SMANSA Peduli, SMAN 1 Manggar Kumpulkan Donasi 40 Juta, Bagikan 400 Sembako

SMANSA Peduli, SMAN 1 Manggar Kumpulkan Donasi 40 Juta, Bagikan 400 Sembako

Perwakilan ROHIS SMAN 1 Manggar menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Panti Asuhan di Belitung Timur-Ist-

MANGGGAR, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Program SMANSA PEDULI SMAN 1 Manggar kembali digelar. Program kolaborasi OSIS dan ROHIS ini bertujuan untuk saling berbagi antar sesama selama bulan ramadan hingga, Senin (17/4/2023).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kepedulian antar sesama masyarakat serta kesadaran pula bahwa masih banyak orang di sekitar yang masih memerlukan bantuan.

SMAN 1 Manggar lewat SMANSA PEDULI sendiri berperan sebagai pihak penyalur donasi kepada pihak membutuhkan. Donasi tersebut kemudian dijadikan paket sembako dan disalurkan lewat Bazar Amal Ramadan.

Secara umum, kegiatan pengumpulan donasi bersifat terbuka untuk warga di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), khususnya yang berdomisili di kecamatan Manggar. Terdapat dua cara yang dilakukan panitia untuk mengumpulkan donasi tersebut. 

Cara pertama adalah dengan membuka rekening donasi dan cara kedua adalah dengan terjun ke lapangan dengan sistem door to door turun ke masyarakat desa.

BACA JUGA:SMANSA Peduli 2023, OSIS dan ROHIS SMAN 1 Manggar Sinergi Adakan Bazar Amal Ramadan

Jauh melonjak dari tahun sebelumnya, tahun ini jumlah donasi yang terkumpul mencapai Rp 40 juta. Jumlah tersebut jauh melonjak dari target dan tahun sebelumnya. 

Jelas jumlah ini menjadi suatu hal yang patut disyukuri karena dapat menjangkau lebih banyak mustahiq/masyarakat desa yang membutuhkan. 

Namun berbeda dari tahun sebelumnya, sistem  pembagian sembako di tahun ini dibalut dalam kegiatan bazar amal ramadan. Jadi sistem ini diterapkan untuk menjangkau lebih banyak orang yang membutuhkan. 

Tidak hanya dalam bentuk uang, tim OSIS dan ROHIS SMAN 1 Manggar juga menerima donasi berupa sembako dan baju layak pakai. Dalam bazar amal yang digelar dua hari tersebut, sembako dan baju layak pakai langsung dibagikan dengan ketentuan.

Artinya untuk satu paket sembako dengan isi beras, minyak goreng, gula pasir, susu kental manis, dan mie instan, penerima kupon hanya diminta membayarkan Rp 10.000. 

Kemudian untuk baju layak pakai, pengunjung bazar yang kurang mampu dapat mengambil secara gratis. Adapun hasil penjulan sembako tersebut akan dikumpulkan dan dibagikan kembali kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. 

BACA JUGA:SMAN 1 Manggar Sukses Selenggarakan Festival Journey SMONE4U in Ramadhan 2023

Ketua panitia SMANSA PEDULI, Muhammad Tamam Taufiqullah Syahid menjelaskan bahwa kegiatan ini berlangsung selama satu bulan selama Ramadan 1444 Hijriah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sman 1 manggar