Hasil Sidang Isbat Hari Ini, Kemenag Putusan Penetapan Idul Fitri 2023

Hasil Sidang Isbat Hari Ini, Kemenag Putusan Penetapan Idul Fitri 2023

Kemenag Kabupaten Belitung saat melakukan pemantauan rukyatul hilal di Pantai Wisata Tanjungpendam.--(dok/kemenag)

JAKARTA, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Pada hari ini, Kamis 20 April 2023 Kementerian Agama (Kemenag) RI  akan menggelar Sidang Isbat penetapan lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Sidang Isbat penetapan Idul Fitri 1 syawal 1444 Hijriah atau tahun 2023 ini bakal digelar di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta.

Pelaksanaan sidang isbat secara tertutup ini diikuti Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kemenag, Kamaruddin Amin menjelaskan, pada Kamis 13 April 2023 sidang isbat akan diawali dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan Tim Hisab Rukyat Kemenag.

BACA JUGA:Ribuan Pejalan Kaki Membludak Saat Mudik Lebaran 2023, Mobil Justru Lengang

BACA JUGA:Hari Ini Masyarakat Babel Bisa Lihat Gerhana Matahari Hibrid, Cek di Sini Prakiraan Jam Puncaknya

Berdasarkan data hisab, pada hari Kamis, 29 Ramadan 1444 Hijriah / 20 April 2023 Masehi, posisi hilal saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berada di atas ufuk dengan ketinggian antara 0° 45′ (0 derajat 45 menit) sampai 2° 21,6′ (2 derajat 21,6 menit) dengan sudut elongasi antara 1° 28,2′ (1 derajat 28,2 menit) sampai dengan 3° 5,4′ (3 derajat 5,4 menit).

Kata Kamaruddin, Kemenag juga akan melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di berbagai provinsi dengan menurunkan tim ke 123 titik lokasi di seluruh Indonesia. Mereka akan melaporkan, apakah pada hari itu hilal terlihat ataukah tidak.

“Hasil hisab dan rukyatul hilal ini akan dibahas dalam sidang isbat untuk kemudian ditetapkan kapan jatuhnya 1 Syawal. Jadi kapan Hari Raya Idulfitri, kita masih akan menunggu keputusan sidang isbat,” ujar Kamaruddin.

Umat Muslim Diminta Sabar Menunggu

Umat muslim di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diimbau untuk bersabar menunggu hasil keputusan sidang isbat penetapan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah.

BACA JUGA:Kamis Pemantauan Hilal di Tanjungpendam, Penentuan Idul Fitri 1444 Hijriah

BACA JUGA:104 Nuje di Tanjungpandan Dapat Bantuan dari Baznas Belitung

Himbauan itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Babel H Tumiran Ganefo. Masyarakat Babel diminta menunggu keputusan sidang isbat yang akan dilakukan pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: