Murah Meriah, Sayur Kecipir Kaya Manfaat dan Bernutrisi Tinggi

Murah Meriah, Sayur Kecipir Kaya Manfaat dan Bernutrisi Tinggi

Ilustrasi Sayur Kecipir --

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Murah meriah, jenis sayur kecipir menjadi sumber nutrisi dan kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dari sejak dulu sayur kecipir yang kaya nutrisi dijadikan salah satu bahan salad khas masyarakat Indonesia. Termasuk bahan pecel maupun urap.

Hingga sekarang pun, kecipir banyak dijual di pasar. Namun sayangnya belakangan ini orang mulai melupakan kecipir. Terutama kaum generasi muda.

Padahal, sejak 20–30 tahun lalu banyak ulasan ilmiah yang menyoroti manfaat dan peran sayur kecipir sebagai sumber nutrisi tinggi dan kaya vitamin.

Dunia pun mengakui manfaat kecipir itu istimewa dan unik. Sebab, kandungan proteinnya yang tinggi.

BACA JUGA:Ini Rahasia Resep Minuman dr Zaidul Akbar untuk Membersihkan Segala Macam Penyakit

BACA JUGA:Diundur, Ini Jadwal Terbaru Pembukaan dan Registrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Fakta unik karena semua bagian tanaman kecipir, yaitu akar, daun bunga, dan buah, bisa dikonsumsi. Oleh sebab itulah, kecipir mendapat julukan one stop supermarket.

Selain itu, juga ada julukan poor man’s food karena semua bagian tanaman itu bisa dimakan dalam keadaan mentah tanpa dimasak. Kemudahan tersebut membuat setiap orang dapat memenuhi kebutuhan protein.

Tanaman jenis sayur kecipir bernama ilmiah Psophocarpus tetragonolobus suku Fabaceae, yaitu termasuk tanaman kacang-kacangan yang merambat.

Disebut winged bean dalam bahasa Inggris karena buahnya memang mempunyai empat sudut yang pada irisan melintang terlihat seperti sayap.

BACA JUGA:Ada Apa? Pemilik THM Laporkan Sejumlah Warga ke Polres Belitung

BACA JUGA: Nekat Curi Emas untuk 'Makan' dan Bayar Hutang? Gundul Serahkan Diri ke Polres Belitung

Kecipir banyak dikonsumsi sebagai sayur sebenarnya adalah buah kecipir, yaitu yang termasuk golongan buah polong dengan biji di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com