Rasakan 5 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Tubuh

Rasakan 5 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat tertawa bagi kesehatan tubuh--alodokter.com

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Tertawa adalah respons psikologis dan fisik yang terjadi ketika kita mendengar, mengalami, atau merasakan hal-hal yang lucu.

Meskipun hal kecil, tertawa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain memberikan kebahagiaan dan mengurangi stres, ada beberapa manfaat lain yang dapat diperoleh dari tertawa.

Reaksi tertawa dapat merangsang pelepasan endorfin, hormon yang terkait dengan perasaan bahagia. Ketika kadar endorfin meningkat, suasana hati menjadi lebih baik dan tingkat stres serta kecemasan menurun.

Berikut adalah 5 manfaat tertawa bagi kesehatan, seperti yang dilansir oleh Hindustan Times:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara mengurangi hormon stres dan meningkatkan jumlah sel imun dan sel antibodi yang melawan infeksi.

2. Mengurangi Stres

Tertawa juga dapat meningkatkan kesejahteraan dengan merangsang pelepasan hormon peredam stres. Aktivitas tertawa juga membantu mengoksidasi tubuh dan secara fisik maupun emosional melepaskan ketegangan.

BACA JUGA:Mudah, Begini Cara Dapat Kacamata Gratis dari BPJS Kesehatan

BACA JUGA:Daftar 13 Produk Kosmetik Berbahaya 2023, yang Berisiko Menyebabkan Kanker Kulit

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Tertawa memiliki efek positif terhadap kesehatan kita, karena dapat meningkatkan detak jantung dan memperbaiki suplai oksigen dalam darah.

Oleh karena itu, tertawa dapat menjadi latihan yang baik dan memberikan efek kesehatan yang sama seperti berjalan selama satu jam.

4. Membakar Kalori

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: