Ingin Doa Cepat Terkabul, Lakukan 8 Hal Ini

Ingin Doa Cepat Terkabul, Lakukan 8 Hal Ini

Ilustrasi Doa--net

BELITONG EKSPRES - Doa merupakan bentuk penyerahan seseorang yang beragama. Karenanya, doa merupakan salah satu kunci agar Allah SWT memberikan ridhoNya kepada seseorang. Meski demikian, berdoa memiliki tata cara dan adab yang baik agar Allah SWT mengabulkannya.

Dikutip dari berbagai sumber terpercaya, esensi doa terletak pada keikhlasan seseorang pada saat menyampaikan hajat kepada Allah SWT. Berikut ini ada beberapa tata cara dan adab doa yang perlu diperhatikan.

1. Bersih dari hadast

Ini sangat penting diperhatikan bagi seseorang yang ingin memulai berdoa. Allah SWT sangat menyukai kebersihan sebagaimana juga fitrah seorang manusia. Seseorang yang memiliki hajat keperluan namun belum mendapat petunjuk, sebaiknya mempersiapkan diri terlebih dahulu. Mulakan dengan mandi hadast dan dilanjutkan dengan berwudhu.

2. Tempat yang bersih

Nah, setelah seseorang bersih maka selanjutnya adalah mencari tempat yang bersih untuk bermunajat. Memang sangat baik berdoa di masjid biar serasa lebih dekat kepada Allah SWT secara psikologis. Tetapi, bisa juga memanfaatkan ruangan di dalam rumah anda yang sering menjadi tempat sholat sunat. Biasanya, beberapa orang memiliki tempat khusus didalam rumah yang disebut Mihrab.

BACA JUGA:Hafal Mati! Ini Doa Dahsyat Ajaran Nabi Muhammad, Gabungan dari Semua Doa-doa Beliau

BACA JUGA:Doa Nabi Ibrahim Untuk Ketaatan dalam Beribadah dan Pengampunan di Hari Kiamat

3. Sholat Hajat 2 atau 4 Rakaat 

Pada dasarnya berdoa bisa kapan saja dan dimana saja. Berdoa bisa juga bisa langsung tanpa menunggu waktu. Namun sebaiknya, jika anda memiliki hajat yang besar atau perlu mendapatkan petunjuk jalan keluar dari masalah maka sebaiknya sebelum berdoa, laksanakanlah sholat hajat terlebih dahulu. Ini menjadi kunci ketenangan agar pada saat berdoa, anda akan fokus atau khusyuk mencurahkan isi hati kepada Allah SWT.

4. Bersholawat Kepada Rasulullah 

Perlu menjadi bagian dari adab berdoa adalah bersholawat kepada Baginda Rasulullah. Bagaimanapun, Rasulullah telah memilih kita sebagai umatnya. Sebagaimana Allah SWT mencintai Rasulullah sebagai kekasihnya, maka kita pun berharap Allah mencurahkan rahmatNya kepada kita pada saat memulai berdoa.

5. Merendahkan suara

Allah SWT Maha Mendengar bahkan suara hati anda sekalipun. Namun demikian, doa yang diucapkan secara lisan dan dengan ikhlas sambil merendahkan suara akan lebih disukai Allah SWT. Di dalam sebuah Hadist pernah diceritakan bahwa ketika seorang hamba berdoa dengan merendahkan suara dan berucap lirih, Allah SWT akan berseru kepada para malaikatNya agar melihat bagaimana pasrahnya seorang hamba pada saat memohon kepadaNya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: