Jarang Disadari, Inilah 6 Gejala Mata Katarak yang Wajib Diketahui dan Cara Mencegahnya

Jarang Disadari, Inilah 6 Gejala Mata Katarak yang Wajib Diketahui dan Cara Mencegahnya

Ilustrasi Katarak --(unsplash)

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Katarak adalah suatu masalah gangguan mata yang tidak boleh diabaikan atau dianggap remeh. Gejala katarak yang jarang disadari harus segera mendapatkan perhatian serius.

Apabila gejala katarak tidak diatasi dengan cepat, itu dapat mengakibatkan penurunan drastis dalam kemampuan penglihatan seseorang. Bahkan berpotensi mengakibatkan kebutaan.

Katarak dimulai ketika lensa mata menjadi keruh, yang secara signifikan merusak kualitas penglihatan. Biasanya, kekeruhan pada lensa ini alami terjadi seiring dengan bertambahnya usia, khususnya ketika mencapai usia 40 tahun.

Meskipun beberapa gejala katarak dapat terlihat dengan mudah, terdapat juga gejala lain yang sering kali terabaikan karena jarang disadari oleh seseorang.

BACA JUGA:Mudah, Begini Cara Dapat Kacamata Gratis dari BPJS Kesehatan

BACA JUGA:9 Khasiat Kesehatan Daun Mangga yang Sering Diabaikan Karena Dianggap Tidak Bermanfaat!

Berikut adalah penjelasan Dr. Maria Magdalena Purba dari KMN EyeCare tentang 6 gejala katarak yang perlu diperhatikan, seperti seperti dari Jawapos.com :

1. Kehilangan Ketajaman Penglihatan

Katarak menyebabkan lensa mata menjadi keruh, yang mengakibatkan masalah dalam fokus cahaya ke retina. Akibatnya, gambar yang dilihat menjadi buram dan kehilangan kejelasan. Semakin parah kataraknya, semakin menurun ketajaman penglihatan.

2. Penglihatan Ganda

Seseorang dengan katarak juga bisa mengalami penglihatan ganda. Sayangnya, gejala ini sering kali diabaikan atau dianggap masalah sementara yang akan hilang dengan sendirinya.

3. Kesulitan dalam Mengenali Warna

Perubahan dalam persepsi warna bisa menjadi tanda awal katarak yang tidak disadari. Penderita katarak sering kesulitan mengenali warna dengan jelas, sehingga warna-warna yang seharusnya cerah tampak kusam atau terdistorsi karena lensa mata yang keruh.

BACA JUGA:Waspada Bahaya Computer Vision Syndrome, Bagi Kamu Suka Lihat Layar Gadget dari Dekat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: