Beliadi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Babel, Sarankan Ini ke Pemprov

Beliadi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Babel, Sarankan Ini ke Pemprov

Wakil Ketua DPRD Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Beliadi-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Beliadi terus mendorong pertumbuhan ekonomi di Babel agar terus berkembang dan meningkat. 

Oleh karena itu, ia menyarankan kepada Pj Gubernur Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan komunikasi yang lebih intensif dengan pemerintah pusat.

Menurut Beliadi, saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) Babel, yang tercatat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) induk, hanya sekitar Rp 1,042 triliun, dan total pendapatan termasuk transfer dari pusat masih di bawah Rp3 triliun. 

"Saya mengharapkan Pj Gubernur dan kepala dinas dapat melakukan lobi yang kuat dengan pemerintah pusat dan menciptakan inovasi untuk memperkuat pembangunan ekonomi di Babel," kata Beliadi kepada Belitong Ekspres, kemarin.

BACA JUGA:Beliadi Berharap Masyarakat yang Pro dan Kontra Pj Gubernur Babel Bisa Berdamai

BACA JUGA:5 Cara Jitu Dapatkan Saldo OVO Gratis, Langsung Cair ke Dompet Digital Kamu

Beliadi menjelaskan bahwa hingga saat ini, sebagian besar penduduk Babel masih bergantung pada sektor timah (40-50%), perkebunan (terutama kebun sawit, sekitar 20%), dan sektor pertambangan lainnya sangat terbatas.

Selain itu, sektor nelayan, wirausaha, UMKM, serta aparatur sipil negara (ASN), P3K, dan pekerja honor juga masih kurang berkembang. Dalam rencana kerja yang tercantum dalam APBD induk tahun 2024, Beliadi melihat ada rencana transformasi ekonomi, tetapi anggarannya terbatas.

"Kita (Babel harus dapat meniru contoh Lampung dan Palembang. Di mana pemerintah pusat telah mengalokasikan dana besar untuk pembangunan sektor pertanian, infrastruktur jalan, dan pembangunan ekonomi, serta alokasi dana yang signifikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Lampung," paparnya.

Selain itu, Beliadi menekankan pentingnya mengembangkan sektor hilirisasi timah, pertanian pangan, perikanan, serta sektor ekonomi kreatif UKM dan pariwisata.

BACA JUGA:Hasil Beliadi Konsultasi ke BPDPKS, Petani Sawit Rakyat Bisa Ajukan Bantuan Rp120 Juta, Ini Syaratnya

BACA JUGA:Buruan Gabung Mitra Sisuka, Cuma Modal 100 Ribu Langsung Dijamin Punya Penghasilan

Dia juga menyatakan perlunya memanfaatkan potensi lain seperti produk turunan dari kelapa sawit, bukan hanya Crude Palm Oil (CPO), melainkan juga Palm Kernel Expeller (PKE), briket, listrik, dan lainnya.

"Itu semua tentunya dapat memberikan tambahan pendapatan bagi Pemerintah Provinsi Babel melalui pajak daerah atau bagi hasil pajak," kata Ketua DPC Partai Gerindra Belitung Timur (Beltim) itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: