Kompak Kolaborasi, Toyota dan Suzuki Kembangkan Mobil Listrik Kecil

Kompak Kolaborasi, Toyota dan Suzuki Kembangkan Mobil Listrik Kecil

bZ Small Crossover Concept alias bZ Baby SUV Toyota--Foto: Carscoops

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Sejak memperkenalkan bZ Small Crossover Concept alias bZ Baby SUV tahun 2021, Toyota masih punya banyak rencana untuk elektrifikasi mobil listrik kecil.

Konsep mobil listrik kecil diperkenalkan bersamaan dengan 15 mobil Toyota dan Lexus, prototipe berpenutup hitam muncul dalam bentuk render digital yang menunjukkan desain eksteriornya.

Targetnya adalah pasar eropa dan Jepang, meski sebenarnya belum ada spesifikasi resmi dari pihak Toyota. Namun, bZ Baby SUV menggunakan platform eTNGA dan mirip-mirip Toyota Yaris Cross dari segi dimensi.

Bersama Suzuki, Toyota berencana mengembangkan lini elektrifikasi mobil listrik kecil dengan target diluncurkan pada tahun 2025.

BACA JUGA:Wuling Air Ev Lite Menjadi Mobil Listrik Harga Termurah 2023, Ini Spesifikasinya

BACA JUGA:Xiaomi Kenalkan Mobil Listrik Dengan Fitur Unggulan, Kapan Diproduksi Massal?

Ada beberapa alasan yang mendorong dua raksasa otomotif asal Negara Sakura itu berkolaborasi untuk mengembangkan mobil listrik kecil tersebut.

Keduanya sudah sering bekerjasama dengan melakukan rebadging kendaraan dan berbagi teknologi untuk memenuhi konsumen global. Hasil kerjasama mereka juga dijual secara luas di wilayah asia, eropa hingga afrika.

Suzuki juga dikenal lihai mengembangkan mobil listrik kecil yang dibuktikan dengan beberapa jenis mobil di pasaran. Wajar saja, Toyota memilih Suzuki menjadi mitra dalam pengembangan elektrifikasi.

Toyota juga berusaha menguasai penjualan mobil listrik berukuran kecil di pasar domestik yaitu Jepang sebagai negara asal pabrikan. Tapi tentu saja dimungkinkan penjualan diluar Jepang jika peminat mobil listrik semakin banyak.

BACA JUGA:Pabrik Mobil Listrik Dunia Akan Berinvestasi di Indonesia Senilai Rp 19,5 Triliun

BACA JUGA:Ada Mobil Listrik Mirip Mini Cooper, Harga Murah di Bawah Rp 50 Juta

Kabar peluncuran bZ Baby SUV Toyota kemungkinan bersamaan dengan eVX milik Suzuki yang juga mobil listrik pertama di pasaran global.

Menurut laporan dari Japan's Best Car dan dokumen yang diajukan ke USPTO yang dikutip Insideevs, Sabtu 7 Oktober 2023 kelihatannya Toyota sedang menggarap mobil listrik kecil sebagai bagian dari seri kendaraan listrik bZ.

Konsep kendaraan mobil listrik kecil ini diperkirakan akan memiliki ukuran serupa dengan Toyota Aygo X yang saat ini dijual di eropa dengan panjang sekitar 145 inchi.

Sejak tahun 2021, Toyota telah memperkenalkan 15 konsep kendaraan listrik. Nah, salah satunya adalah Small bZ Electric Crossover serupa Aygo X milik Suzuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: