Kunci Lulus CAT CASN 2023, Gunakan Pensil Jenis Ini

Kunci Lulus CAT CASN 2023, Gunakan Pensil Jenis Ini

Ilustrasi: Tes CAT CASN--Antara

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Salah satu faktor penting bagi kamu yang ingin lulus tes CAT CASN adalah penggunaan pensil yang tepat. Namun tahukan kamu, kenapa harus memilih pensil yang tepat dan sesuai kegunaannya.

Berikut ini jenis-jenis pensil yang harus kamu ketahui dan spesifikasinya untuk tes CAT CPNS 2023 yang dirangkum Belitong Ekspres dari berbagai sumber :

1. Jenis Lunak

Pensil jenis ini memiliki cukup lembut sehingga penggunaan dengan cara ditekan tidak akan cukup efektif dan mudah patah. Pada dasarnya jenis pensil lunak, tidak akan menghasilkan garis tebal walaupun diulang-ulang penulisannya. 

Biasanya, pensil jenis lunak diberi kode 2b, 3b, 4b, 5b, 6b dan 7b. Semakin tinggi angka yang mendampingi huruf maka semakin lembut kerapatannya dan warna lebih gelap.

BACA JUGA:Seleksi CPNS dan PPPK 2023 Gunakan Sistem CAT, Waspada Aksi Penipuan

2. Jenis Sedang

Diatas jenis lunak ada pensil jenis sedang. Pensil sedang memiliki dimensi antara keras dan lunak. Nah jenis pensil sedang biasanya digunakan oleh anak-anak sekolahan untuk mengerjakan tugas sehari-hari. 

Pensil sedang biasanya ditandai dengan angka dan huruf seperti H, HB, F, B, 2H dan 3H. Kode huruf dibelakangnya merupakan inisial, misalnya HB= Half Black, B= Black, H= Hard, F= Firm.

3. Jenis Keras

Pensil jenis keras bentuknya lebih padat dan sering digunakan untuk sketsa bangunan. Karena bentuknya yang padat dan efek warna tidak terlalu gelap malah sedikit keabuan. Tipe ini biasanya ditandai dengan huruf dan angka H, 5H, 6H, 7H, 8H dan 9H.

BACA JUGA:BKN Persilahkan Peserta CPNS dan PPPK 2023 Cetak Kartu Pendaftaran, Masa Sanggah 3 Hari

Jadi buat kamu yang ingin menggunakan pensil untuk outline dab shading maka gunakan pensil dengan kode B. Sedangkan untuk membuat sketsa dan denah awal, gunakan pensil dengan kode H dan B.

Untuk keperluan menggambar, harus jenis pensil yang memiliki kandungan hitam tinggi seperti 6B, 7B dan 8B. Sedangkan kamu yang ingin mengikuti tes CAT CASN, CPNS dan PPPK gunakanlah pensil jenis 2B agar ketebalan dan tingkat hitam yang cocok untuk digunakan pada kertas komputer. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: