Prihatin Kondisi Pariwisata Babel, Ini Saran Beliadi ke Dispar dan Dishub

Prihatin Kondisi Pariwisata Babel, Ini Saran Beliadi ke Dispar dan Dishub

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Beliadi --

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Beliadi merasa prihatin dengan kondisi pariwisata di Negeri Serumpun Sebalagi. 

Oleh karena itu, Beliadi menyarankan agar Dinas Pariwisata (Dispar) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Babel, mulai peka menyikapi tingginya harga tiket penerbangan ke Belitung dan Bangka.

Pasalnya, tidak hanya mahalnya harga tiket pesawat, jumlah penerbangan dari ke Belitung dan Jakarta hanya tinggal 4 hingga 5 penerbangan setiap hari.

"Akibatnya, banyak kamar hotel, serta travel dan UMKM yang yang minim dimanfaatkan wisatawan baik Indonesia maupun Internasional. Makanya kita minta mereka peka, melihat kondisi pariwisata Babel dan tranportasi ke Belitung," kata Beliadi kepada Belitong Ekspres, Kamis (2/11/2023).

BACA JUGA:Bantu UMKM, Beliadi Promosikan Pecal Mak Wa Belitung Melalui Medsos

BACA JUGA:Siapkan Insentif, Pemkab Belitung Fasilitasi Kemudahan Investor Tanam Modal

Menurut pelaku pariwisata Belitung, ketersediaan kamar hotel dan homestay serta penginapan yang ada di Belitung hampir mencapai 2000 kamar. Karena itu, kata Beliadi dengan hanya 4 penerbangan, itu jelas tidak berbanding dengan jumlah kamar yang akan terjual.

Di sisi lain, saat ini penerbangan ke Belitung dan Bangka hampir setiap hari penuh penumpang. Makanya, ia minta Dinas Perhubungan Babel bisa melakukan komumikasi dengan maskapai agar menambah 5 hingga 6 penerbangan lagi ke Bangka dan Belitung. Terkhusus Belitung.

"Jika tidak, pegusaha hotel akan terus merugi, padahal mereka saat ini pengerak  perekonomian di Belitung. Saya minta Dinas Pariwisata juga bergerak, karena sejak dilantik sampai saat ini saya belum melihat langkah yang berdampak besar bagi pariwisata yang dilakukan," ujar Beliadi.

Beliadi juga masih menunggu dan berharap ada gerakan promosi yang kuat dan tepat bermanfaat besar yang dilakukan Dinas Pariwisata Babel. Seperti yang dilakukan oleh Kabupaten Probolingo ada salah satu tempat yakni untuk wisatawan asing atau lokal mencari informasi.

BACA JUGA:Nilai Ekspor Timah dan Nontimah Babel 2023 Turun 7,42 Persen

BACA JUGA:Polisi Kembali Berlakukan Tilang Manual, Yuk Kenali Lembar Warnanya

Yaitu, Pemkab tersebut memajang foto gunung Bromo dengan daftar maskapai, hotel, sewa kendaraan, kuliner dan lain-lain yang ada di sana. Bahkan seperti Sumatera Utara, Sulawesi Utara, NTB,  NTT dan lainnya sebagian juga ada.

"Coba Pemprov Babel juga buka turis informasi di Braga satu, di Malioboro satu di  Kute Nali satu, jadi pajang foto-foto destinasi wisata Babel di sana dan penjelasan tetang hotel , maskapai , sewa kendaraan dll untuk meningkatkan promosi wisata," tegas Beliadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: