Pemkab Beltim Studi Tiru ke Kota Industri Gresik, Berupaya Bangun Pelabuhan dan Kawasan KEK

Pemkab Beltim Studi Tiru ke Kota Industri Gresik, Berupaya Bangun Pelabuhan dan Kawasan KEK

Pemkab Beltim mengajak wartawan melakukan studi Tiru dengan mengunjungi Kabupaten Gresik--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, GRESIK - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Pemkab Beltim) mengajak wartawan melakukan studi Tiru dengan mengunjungi Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Bupati Beltim Burhanudin berharap kegiatan studi Tiru ke Kota Industri Gresik mampu menjadi media pembelajaran pembangunan infrastruktur dan industri di Kabupaten Beltim. 

"Pembangunan infrastruktur dan lainnya kita saling belajar khususnya pembangunan industri dan juga pembangunan lainnya," ujar Burhanudin seusai bertamu di kantor Bupati Gresik, Senin (6/11/2023). 

Menurut Burhanudin, ada keunggulan Kabupaten Beltim bila dibandingkan Kabupaten Gresik, yakni adanya kawasan hutan produksi yang cukup luas.

BACA JUGA:Bazar Gema Wira Food Festival 2023 di Pantai Tanjungpendam Raup Omset Rp 367 Juta

BACA JUGA:Beliadi Sebarluaskan Perda Babel di Desa Burung Mandi, Temukan Komitmen dan Keluhan Masyarakat Nelayan

"Belitung Timur berbeda dengan Kabupaten Gresik. Di Gresik tidak ada kawasan hutan hutan produksi (HP), kalau kita banyak kawasan hutan," kata Burhanudin yang akrab disapa Aan.

Sebagai kota Industri, Gresik layak jadi tempat studi tiru karena saat ini Beltim sedang berupaya membangun pelabuhan dan kawasan KEK yang masih dalam proses. Termasuk mendorong sejumlah investasi yang sangat memungkinkan.

"Kita dalam proses pelabuhan dan sebagainya. KEK Kabupaten Beltim sudah ada, kalau industri kawasan Air Kelik dari investor Singapura dan dari pertemuan kita kemarin melakukan penataan dan konsep dan juga Tanjung Keluang dan itu memungkinkan bagi investor," tambahnya.

Di Kabupaten Gresik menurut Aan patut jadi tempat belajar. Diantaranya pelabuhannya yang banyak, sedangkan di kabupaten Belitung Timur masih sangat butuh pelabuhan.

BACA JUGA:Daftar Juara Turnamen Mancing Belitong de Sintak 2023, Batro Fishing Team Raih Jackpot

BACA JUGA:Pertamina Cabut Izin SPBU Nakal di Babel, Jika 3 Kali Bandel Melayani Pengerit BBM Bersubsidi

"Kita ada pelabuhan namun tidak memadai tidak bisa dimanfaatkan. Kabupaten Belitung Timur juga ALKI (alur Laut Kepulauan indonesia) terdepan, untuk menuju kebergai negara lewat di perairan laut Belitung Timur," sebutnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gresik Dra Hj Aminatun Habibah mengucapkan terimakasih atas kunjungan Pemkab Beltim. Menurut dia, ada persamaan dari Beltim dengan Gresik yakni luas perairan laut sehingga memungkinkan ada pelabuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: