Daftar 10 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

Daftar 10 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia--pixabay

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman alam dan budaya, juga dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia.

Sejumlah wilayah di Indonesia menonjol dengan berbagai varietas kopi yang terkenal, masing-masing memiliki karakteristik yang unik.

Mari kita telusuri beberapa daerah penghasil kopi di Indonesia seperti dilansir dari laman disway.id, Sabtu (2/12/2023).

1. Aceh

Aceh merupakan wilayah provinsi di ujung barat Pulau Sumatera, yang terkenal sebagai salah satu produsen kopi terbaik di Indonesia.

BACA JUGA:Berapa Kali Dalam Sehari Seseorang Boleh Meminum Kopi, Ini Penjelasannya

Varietas Kopi Gayo, yang berasal dari daerah Gayo, merupakan varietas kopi paling terkenal dari Aceh. 

Kopi ini merupakan varietas arabika yang menawarkan cita rasa asam yang menyegarkan, tekstur ringan, dan aroma yang khas.

Bahkan Kopi Gayo pernah diakui sebagai kopi arabika terbaik di dunia, yang semakin meningkatkan reputasi Aceh sebagai penghasil kopi berkualitas.

2. Lampung

Di Lampung, terdapat beberapa wilayah yang terkenal sebagai produsen kopi, antara lain Pesisir Barat, Tanggamus, dan Waykanan. Jenis kopi yang dihasilkan di provinsi adalah varietas robusta.

BACA JUGA:Luar Biasa, Ini Manfaat Minum Kopi Secara Rutin Setiap Hari, Salah Satunya Turunkan Resiko Diabetes

Proses pengolahan biji kopinya dilakukan dengan metode dry processing, menghasilkan biji kopi dengan aroma yang khas dan kuat. Ciri khas kopi Lampung ini terletak pada sentuhan rasa coklat dan rempah-rempah yang unik.

3. Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: