Cara Merawat Motor Jadul yang Tepat Agar Tetap Prima

Cara Merawat Motor Jadul yang Tepat Agar Tetap Prima

Honda Astrea Grand menjadi salah satu motor jadul yang bertenaga dan dan irit BBM--id.carousell.com

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Motor jadul adalah motor-motor yang sudah berusia tua, biasanya di bawah tahun 2000. Motor klasik memiliki keunikan tersendiri bagi para pecinta dan pengumpul, karena memiliki bentuk, kinerja, dan latar belakang yang menarik.

Mengumpulkan motor jadul jadi kesenangan bagi sebagian orang. Meskipun dalam pemeliharaannya tidak mudah, masih ada saja yang menyukai kesenangan yang satu ini karena memang bisa juga dijadikan investasi.

Bagi kalian yang ingin ikut mengumpulkan motor klasik ada baiknya mengetahui dulu bagaimana cara memeliharanya. Ini jadi satu poin penting, daripada nantinya kalian bakal menyesal mendapati motor kalian bermasalah karena salah melakukan pemeliharaan.

Nah seperti apa sih cara memelihara motor jadul kalian agar tahan lama dan nyaman dikendarai, berikut caranya dirangkum belitongekspres.co.id dari berbagai sumber, Rabu 24 Januari 2024.

BACA JUGA:Inilah 7 Motor Jadul Paling Irit BBM, Dari Honda Hingga Suzuki

Servis dan Ganti Oli Rutin

Satu syarat jika kalian ingin motor kalian tetap bugar dan prima adalah dengan rutin melakukan service dan ganti oli kendaraan kalian. Terlebih jika kalian ingin mengumpulkan motor klasik yang memang sudah tua.

Malas memberi perhatian tunggangan justru bisa bikin masalah kedepan. Kalau mesin sudah rusak, kalian harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi untuk melakukan perbaikan.

Rutin Panaskan Mesin

Usahakan setiap pagi panaskan mesin motor jadul kalian. Dengan dipanaskan setiap pagi, mesin akan bekerja dengan baik, pengapian dan oli juga akan terus bekerja, jadi kalian tidak akan mengalami sulit menghidupkan mesin atau mengalami mesin macet.

Namun, ingatlah untuk tidak memanaskan mesin motor terlalu lama. Selain boros BBM, memanaskan motor terlalu lama apalagi dengan sirkulasi udara yang buruk (di dalam ruangan) juga berbahaya bagi tubuh kita.

BACA JUGA:Yamaha RX King Raja Jalanan Era 1980-an, Masih Digemari Pencinta Sepeda Motor Hingga Sekarang

Gunakan BBM Beroktan Tinggi

Dengan BBM beroktan tinggi, motor jadul kalian akan memiliki kondisi mesin yang lebih terjaga. Sebab, proses pembakaran pada ruang mesin yang menggunakan BBM beroktan tinggi tidak akan meninggalkan kotoran. Dengan demikian, performa mesin akan tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber