Siap-siap! Penerimaan CPNS 2024, Simak Jadwal dan Formasinya

Siap-siap! Penerimaan CPNS 2024, Simak Jadwal dan Formasinya

Ilustrasi CPNS 2024--Freepik

BELITONGEKPRES.CO.ID - Pemerintah Indonesia memastikan akan membuka penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan PPPK Guru maupun Non-Guru untuk tahun 2024/2025 setelah tertunda pada tahun sebelumnya akibat pandemi. 

Pemerintah juga memastikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan tes CPNS dan PPPK tahun 2024/2025 akan dijalankan sesuai dengan anjuran protokol kesehatan dari Menteri Kesehatan untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran pandemi COVID-19.

Sempat beredar kabar bahwa rangkaian kegiatan penerimaan pegawai negeri sipil dan PPPK akan dilaksanakan pada pertengahan atau akhir tahun 2024/2025 mendatang.

Namun pihak Badan Kepegawaian Negara memberikan pernyataan resmi terkait prosesi atau rangkaian seleksi penerimaan pegawai negeri sipil dan PPPK pada tahun 2024/2025 melalui wawancara maupun media sosial resmi BKN untuk menghindari simpang siur di masyarakat.

BACA JUGA:Link, Cara dan Jadwal Pendaftaran CPNS 2024, Cek di Sini!

Momentum penting bagi banyak pencari kerja di Indonesia terjadi pada tahun 2023, khususnya mereka yang bermimpi menjadi aparatur sipil negara (ASN). 

Setelah absennya lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2020, pendaftaran CPNS kembali dibuka pada tahun 2023.

Sebelum pelamar terjun ke proses pendaftaran, penting untuk memahami berbagai aspek terkait proses seleksi CPNS 2023. 

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh calon pelamar meliputi informasi formasi dan jadwal seleksi, dokumen penting yang dibutuhkan, dan kesiapan mental dan fisik menghadapi tes CPNS.

Pendaftaran CPNS 2023 akan dilakukan secara online melalui portal resmi SSCN BKN

BACA JUGA:Siap Dibuka, Cek Formasi Berikut Link dan Cara Pendaftaran CPNS 2024

Pastikan untuk mengikuti prosedur pendaftaran dengan hati-hati, yang meliputi mencantumkan informasi yang benar dan akurat, mengunggah dokumen yang diperlukan, dan melakukan verifikasi setelah mengunggah dokumen.

Seleksi CPNS 2023 akan meliputi beberapa tahapan, yakni seleksi administrasi, tes kompetensi dasar (TKD) yang meliputi tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, dan tes karakteristik pribadi, serta tes kompetensi bidang (TKB) yang berfokus pada keahlian khusus sesuai dengan formasi yang dilamar. 

Untuk mampu sukses dalam seleksi CPNS, sebaiknya pelamar melakukan persiapan matang baik secara akademik maupun mental, mempelajari materi tes dengan memahami materi yang sering muncul dalam TKD dan TKB, berlatih dengan soal-soal tes CPNS tahun-tahun sebelumnya, serta selalu memantau informasi terbaru terkait CPNS di situs resmi BKN dan media terpercaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sscnbkn