10 Manfaat Tersembunyi Buah Sukun untuk Jaga Kesehatan yang Wajib Diketahui

10 Manfaat Tersembunyi Buah Sukun untuk Jaga Kesehatan yang Wajib Diketahui

Manfaat tersembunyi buah sukun untuk menjaga kesehatan tubuh--Pixabay.com

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Tahukah Anda, ternyata mengonsumsi buah sukun menyimpan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita? Apa saja manfaatnya yuk kita simak dan baca artikel ini sampai selesai.

Walau buah sukun sering dijuluki sebagai "Buah Roti" oleh orang Eropa, manfaatnya untuk kesehatan tubuh, terutama dalam mengatasi asam urat dan kolesterol, patut untuk diperhatikan.

Inilah mengapa buah ini dapat dijadikan santapan yang sehat dan bergizi. Berikut 10 manfaat kesehatan luar bisa mengonsumi buah sukun yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kandungan kalium yang tinggi dalam buah sukun terbukti efektif dalam mengontrol detak jantung dan mengurangi kadar kolesterol. Serat yang terdapat di dalamnya juga dapat membantu menghindari penumpukan kolesterol yang berpotensi menyebabkan stroke dan masalah kesehatan lainnya.

BACA JUGA:Jangan Dibuang, Ini Manfaat Luar Biasa Daun Sukun untuk Obat Berbagai Penyakit

BACA JUGA:Bunga Telang Punya Khasiat dan Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan

2. Vitamin C yang Berkhasiat

Khasiat buah sukun untuk mengatasi asam urat dan kolesterol juga terkait dengan kandungan vitamin C-nya yang mampu mencegah nyeri pada sendi. Buah sukun dapat membantu mengeluarkan asam urat melalui saluran urin, menjadikannya pilihan yang baik untuk pencegahan asam urat.

3. Senyawa Fenolik untuk Kesehatan Sendi

Buah sukun kaya akan senyawa fenolik seperti xanthones, coumarin, flavonoid, dan stilbenoid. Senyawa-senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan pada persendian dan menjaga kesehatan sendi. Merebus buah sukun dapat menjadi cara efektif untuk memanfaatkan khasiatnya.

4. Membantu Pencernaan dan Asam Urat

Buah sukun juga terkenal dapat melancarkan buang air, membantu mengeluarkan zat purin yang dapat membentuk kristal asam urat. Ini merupakan khasiat yang berguna bagi penderita asam urat, membantu mengurangi nyeri pada persendian.

5. Pencegahan Purin Berlebihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: