Efisiensi Administrasi Jadi Prioritas Pemkab Beltim Melalui E-Government

Efisiensi Administrasi Jadi Prioritas Pemkab Beltim Melalui E-Government

Sekretaris Daerah (Sekda) Beltim Mathur Noviansyah-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Guna meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan proses administrasi, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Pemkab Beltim) terus berinovasi di bidang teknologi informasi.

Salah satu inovasi meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan proses administrasi adalah dengan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik atau e-government.

E-government adalah sistem yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menyediakan layanan publik, memfasilitasi interaksi antara pemerintah dan warga, serta mengelola berbagai proses administratif dengan lebih efisien.

Sekretaris Daerah (Sekda) Beltim Mathur Noviansyah, mengatakan bahwa sistem e-government telah diimplementasikan secara efektif sejak tahun ini di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

BACA JUGA:Padati Taman Kota Manggar, Campak Darat Hibur Ribuan Warga Beltim

BACA JUGA:Peringati Hari Jadi Beltim ke-21, Ribuan Warga Ikuti Jalan Santai

Sistem ini mencakup berbagai aplikasi, seperti situs pemerintah, platform e-procurement, sistem manajemen data penduduk, dan layanan daring.

Menurut Mathur, Pemkab Beltim memberikan apresiasi kepada OPD yang saat ini telah mempercepat penerapan e-government tersebut.

“Ini merupakan langkah penting untuk menguasai teknologi di era digitalisasi saat ini, yang dapat meningkatkan kinerja dan mempercepat pelayanan publik,” ujar Mathur Noviansyah, Selasa 30 Januari 2024.

Selain itu, Mathur juga menambahkan bahwa pada tahun ini, sistem pelayanan publik telah dioptimalkan melalui kegiatan berbasis elektronik.

BACA JUGA:RKPD Kabupaten Beltim Tahun 2025, Pemkab Fokus Tekan Angka Kemiskinan

BACA JUGA:Generasi Muda Kunci Penting Rawat Kebhinekaan, Perkuat Pendidikan Karakter di Beltim

Proses perencanaan, pengelolaan keuangan daerah, penatausahaan, dan fungsi-fungsi terkait ekonomi sudah diintegrasikan secara elektronik.

Tak hanya itu, Pemkab juga meningkatkan intensitas pemasaran dan marketplace sebagai tempat bagi para entrepreneur. Transaksi keuangan pun sudah beralih ke sistem elektronik, terutama di lingkungan pemerintahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara