Oleh-oleh Khas Belitung, Produk Kerajinan Unik WBP Lapas Tanjungpandan Bisa Dibeli di Sepiak Belitong

Oleh-oleh Khas Belitung, Produk Kerajinan Unik WBP Lapas Tanjungpandan Bisa Dibeli di Sepiak Belitong

Produk-produk kerajinan WBP Lapas kelas IIB Tanjungpandan yang bisa dibeli di Galeri Sepiak Belitong, Jalan Tanjung Kelayang, Desa Batu Itam, Kecamatan Sijuk-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Anda sedang mencari oleh-oleh khas Belitung yang unik dan berkualitas? Mungkin Anda bisa melirik produk kerajinan yang dibuat oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas kelas IIB Tanjungpandan. 

Produk-produk kerajinan WBP atau Narapidana tersebut antara lain peci, tas, dan gantungan kunci yang diberi merek Kawan Lada. Merek Kawan Lada yang artinya Karya Warga Binaan Lapas Tanjungpandan

Produk kerajinan Kawan Lada ini merupakan hasil karya kreatif WBP Lapas Tanjungpandan, terutama yang berada di blok wanita. Mereka memanfaatkan keahlian merajut yang telah mereka pelajari di lapas untuk menghasilkan produk yang menarik dan bermutu.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Tanjungpandan Gowim Mahali mengatakan, program pembinaan ini bertujuan untuk memberikan hal positif bagi WBP, baik dari segi keterampilan maupun penghasilan. 

BACA JUGA:Samsung Ungkap Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 Series, Gamer Wajib Tahu

BACA JUGA:Dua Terdakwa Kasus Korupsi BUMD Belitung Dituntut Penjara dan Uang Pengganti

“Para WBP di lapas memiliki potensi sangat baik. Kami coba manfaatkan itu dalam program pembinaan yang dapat menimbulkan hal positif, "kata Gowim kepada Belitong Ekspres, Kamis 1 Februari 2024.

"Selain memperbanyak kegiatan positif bagi WBP juga dapat menghasilkan PNBP sumbangsih warga binaan kepada negara. Salah satunya membuat produk UMKM,” tambahnya.

Produk kerajinan Kawan Lada ini tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal, tetapi juga oleh wisatawan yang berkunjung ke Pulau Belitung. Bahkan, produk ini kini telah dipasarkan oleh butik brand lokal Sepiak Belitong.

Owner Sepiak Belitong Bella Kartika Aprillia mengaku kagum dengan karya WBP Lapas Tanjungpandan. Dia pun mendukung penuh usaha mereka dalam membuat produk UMKM. 

BACA JUGA:Belitung Chinese Internasional Festival 2024, Meriahkan Tradisi Cheng Beng Sebagai Daya Tarik Wisata

BACA JUGA:Panduan Praktis Berternak Domba untuk Pemula, Ini Beberapa Jenis Domba di Indonesia

“Pastinya kami sangat mendukung. Galeri Sepiak Belitong siap untuk menjadi display dan kami siap untuk mempropmosikan kepada wisatawan yang berkunjung ke Galery kami,” ujar Bella. 

Menurut Bella, dukungan Sepiak Belitong tak hanya sebatas tempat pemasaran produk saja. Kedepan Sepiak Belitong siap mendukung warga binaan Lapas dengan program pemberdayaan, seperti pelatihan membatik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: