Houthi Lanjutkan Kampanyenya, Tembakkan Rudal ke Kapal AS dan Inggris di Laut Merah

Houthi Lanjutkan Kampanyenya, Tembakkan Rudal ke Kapal AS dan Inggris di Laut Merah

Pejuang Houthi berkumpul untuk mendukung Gaza dan menentang serangan udara pimpinan AS di Yaman di Sanaa pada 29 Januari 2024.--Osamah Abdulrahman/AP Photo

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Serangan terbaru terhadap kapal sipil menunjukkan tekad kelompok pemberontak Houthi yang didukung Iran untuk melanjutkan kampanyenya. 

Pada hari Selasa, kelompok Houthi Yaman mengatakan mereka telah menembakkan rudal ke dua kapal sipil di Laut Merah, satu terhadap kapal Inggris dan satu lagi terhadap kapal Amerika. 

Menurut kelompok tersebut, serangan tersebut dimotivasi oleh perang Israel di Gaza. Meskipun beberapa serangan udara telah dilakukan oleh AS dan sekutunya yang berpatroli di Laut Merah, kelompok pemberontak ini menyatakan tekadnya untuk melanjutkan serangan mereka.

Kampanye yang sedang berlangsung ini membantu memicu ketegangan di Timur Tengah sekaligus mengganggu perdagangan dunia karena Laut Merah merupakan jalur utama kapal kontainer. 

Brigadir Jenderal Yahya Saree, juru bicara militer Houthi, membenarkan serangan terhadap kedua kapal tersebut dan mengulangi ancamannya untuk melakukan lebih banyak operasi "pertahanan diri" terhadap sasaran musuh Amerika dan Inggris.

BACA JUGA:Gelombang Serangan Baru AS dan Inggris, Targetkan Kelompok Houthi di Yaman

Serangan terjadi di sebelah barat pelabuhan Hodeidah di Yaman. Kapal kargo milik Inggris berbendera Barbados, Morning Tide, dan kapal Amerika berbendera Kepulauan Marshall, Star Nasia, dihantam oleh rudal angkatan laut yang diluncurkan oleh kelompok Houthi. 

Meski demikian, Furadino Shipping, pemilik Morning Tide mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa kapal tersebut saat ini berlayar tanpa masalah meskipun tidak memberikan informasi lebih lanjut. 

Selain itu, perusahaan keamanan maritim Inggris, Ambrey, melaporkan bahwa kapal Inggris melakukan manuver menghindari serangan dan melanjutkan perjalanan dan bahwa tidak ada korban luka yang dilaporkan.

Sejak tanggal 19 November, kelompok Houthi telah meluncurkan puluhan serangan rudal, drone, dan perahu terhadap kapal komersial yang terkait dengan Israel, selain kapal perang militer AS dan Inggris. 

Kampanye ini telah menimbulkan kesulitan besar bagi perusahaan pelayaran global yang terpaksa menunda transit melalui Laut Merah dan Teluk Aden dan mengubah rute perjalanan yang lebih lama dan lebih mahal di sekitar Afrika Selatan.

BACA JUGA:Ganggu Kapal Komersial di Laut Merah, AS dan Inggris Serang Kelompok Houthi di Yaman

Saree menyatakan bahwa operasi akan terus berlanjut terhadap kapal-kapal Israel atau mereka yang menuju ke pelabuhan-pelabuhan Palestina yang diduduki sampai pengepungan dicabut dan agresi terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza dihentikan. 

Bulan lalu, AS dan Inggris mulai menyerang sasaran Houthi di Yaman sebagai tindakan pembalasan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber