Simak! 5 Cara Memilih Telur yang Masih Baru dan Segar, Emak-emak Wajib Tahu Ciri-cirinya

Simak! 5 Cara Memilih Telur yang Masih Baru dan Segar, Emak-emak Wajib Tahu Ciri-cirinya

Ilustrasi: 5 cara memilih telur yang masih baru dan segar yang wajib diketahui emak-emak--pixabay

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Walau terdengar sepele, namun cara memilih dan mengetahui ciri-ciri telur ayam yang masih baru dan segar penting bagi emak-emak.

Bagi emak-emak atau kaum ibu-ibu yang ingin mengetahui cara memilih dan ciri-ciri telur ayam yang baru dan segar, simak artikel ini sampai selesai ya!

Telur ayam adalah salah satu bahan pangan favorit yang sering kita konsumsi. Sebab, telur mengandung protein hewani yang baik untuk kesehatan.

Namun, tidak semua telur yang dijual di pasar atau swalayan memiliki kualitas yang baik. Ada beberapa telur yang sudah tidak segar atau bahkan busuk.

BACA JUGA:5 Manfaat Bagi Kamu yang Suka Makan Telur Rebus, Salah Satunya Bisa Terhindar Dari Penyakit Pikun

Tentu saja, telur seperti ini tidak baik untuk dikonsumsi karena bisa menimbulkan risiko kesehatan, seperti keracunan atau infeksi bakteri Salmonella.

Untuk menghindari hal tersebut, kita perlu mengetahui cara memilih dan ciri-ciri telur ayam yang masih baru dan segar layak dikonsumsi.

Ada beberapa cara untuk memilih antara telur ayam segar dan sudah tidak layak dikonsumsi (busuk). Berikut adalah beberapa cara yang bisa emak-emak coba:

1. Perhatikan cangkang telur

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperhatikan cangkang telur. Pilihlah telur yang memiliki cangkang yang bersih, halus, dan tidak retak.

BACA JUGA:Dijamin Enak, Begini Cara Membuat Telur Gulung yang Lagi Viral

Adapun telur yang bersih menunjukkan bahwa telur tersebut berasal dari ayam yang sehat dan terjaga kebersihannya.

Telur yang halus menunjukkan bahwa telur tersebut masih baru dan belum mengalami penguapan air. Kemudian telur yang retak bisa menyebabkan kuman masuk ke dalam telur dan merusak kualitasnya.

2. Rendam telur dalam air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber