HPN 2024, PWI Belitung: Pers Berperan Penting Wujudkan Pemilu Damai

HPN 2024, PWI Belitung: Pers Berperan Penting Wujudkan Pemilu Damai

Ketua PWI Kabupaten Belitung, Bastiar Riyanto--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Pers mempunyai andil besar dan berperan penting dalam mewujudkan suasana damai dan kondusif Pemilu 2024

Pernyataan itu disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Belitung, Bastiar Riyanto terkait memperingati Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT PWI 2024.

"Pers memiliki peran penting untuk mewujudkan pesta demokrasi Pemilu damai dan kondusif," ujar Bastiar Riyanto, Jumat 9 Februari 2024.

Menurut Bastiar, tema HPN 2024, “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa" sangat relevan dengan situasi saat ini.

BACA JUGA:SMP Negeri 5 Tanjungpandan Keluar Sebagai Juara Umum Popda Belitung 2024

"Tema HPN tahun ini sangat relevan dengan pelaksanaan Pemilu 2024 yang akan berlangsung pada 14 Februari mendatang," kata Bastiar.

Media juga kata dia, memiliki peran kunci dalam mengawal transisi kepemimpinan nasional melalui proses Pemilu dan menjaga integrasi, serta keutuhan bangsa di tengah polarisasi masyarakat saat ini.

Bastiar menegaskan bahwa pemberitaan tentang Pemilu 2024 harus objektif, berimbang, dan netral, tidak memihak atau condong ke kubu manapun.

Meski demikian, insan pers dengan medianya harus tetap kritis dan menjadi penjernih di tengah maraknya berita hoaks menjelang Pemilu 2024.

BACA JUGA:Cara Klaim Saldo DANA Kaget Gratis 2024: Syarat dan Langkah-Langkahnya

Karena itu, ia berharap media  terus mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada hari pencoblosan tanggal 14 Februari mendatang. 

“Karena media memiliki peran penting dalam mengawal proses demokrasi Pemilu 2024 agar berjalan sesuai aturan dan koridor yang berlaku," sebut Bastiar.

Sejarah Hari Pers Nasional

Bastiar juga berbagi pengetahuan tentang sejarah peringatan Hari Pers Nasiona atau HPN yang selalu diperingati setiap tanggal 9 Februari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: