Survei TBRC Terbaru: Prabowo-Gibran Makin Kuat di Pilpres 2024, Elektabilitas 51,4 Persen 1 Putaran

Survei TBRC Terbaru: Prabowo-Gibran Makin Kuat di Pilpres 2024, Elektabilitas 51,4 Persen 1 Putaran

Survei TBRC terbaru merilis pasangan Prabowo-Gibran semakin kuat di Pilpres 2024-ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, JAKARTA - Pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka semakin memimpin dalam survei elektabilitas Capres dan Cawapres.

Kali ini, Lembaga Timor Barat Research Center atau TBRC melakukan survei terbaru mengenai situasi menjelang pemilihan presiden (Pilpres) pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Survei TBRC mengambil sampel sebanyak 2200 Warga Negara Indonesia yang masuk dalam DPT. Survei dilaksanakan pada tanggal 27 Januari hingga 6 Februari di 480 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Sampel dipilih dengan Metode Multistage Random Sampling secara proposional berdasarkan jumlah DPT pemilu 2024 di 480 Kabupaten/Kota. Survei ini memiliki Margin of Error 2,05 persen dan Tingkat Kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA:Siapa yang Berpeluang Jadi Presiden 2024? Ini Kata Ahli Fengshui

BACA JUGA:Pengamat Politik Yakin Ahok Jadi Senjata PDIP Hadapi Prabowo di Pilres 2024

Johanes Romeo, Direktur Eksekutif TBRC, mengungkapkan, dalam pertanyaan terbuka atau ketika responden diminta menyebutkan Capres-Cawapres pilihannya jika pilpres digelar saat ini. Jawaban 2200 responden secara spontan menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran dipilih oleh 42,6 persen.

“Diikuti oleh pasangan Ganjar-Mahfud dengan 28,1 persen dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 17,4 persen, sementara yang tidak memberikan jawaban sebanyak 11,9 persen,” ujar Johanes dalam siaran persnya, Sabtu 10 Februari 2024.

Sedangkan dalam pertanyaan tertutup menggunakan kuesioner dengan memberikan pertanyaan yang sama, maka hasil tabulasi dari jawaban 2200 responden yang dapat diverifikasi menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran dipilih oleh 51,4 persen.

Di tempat kedua ada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud dengan 29,1 persen dan di tempat ketiga ada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 18,2 persen. Sedangkan yang tidak memilih hanya 1,3 persen.

BACA JUGA:Survei CNN Terbaru Jelang Pemilu 2024: Prabowo-Gibran Ungguli Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin

BACA JUGA:Kampanye di Beltim: Yuri Kemal Ajak Masyarakat Pilih Caleg PBB Candra Aryaputra

Dari hasil survei ini juga terlihat bahwa tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran dipengaruhi oleh mayoritas pemilih yang terinspirasi oleh gerakan politik dari Jokowi selama masa kampanye.

Sebanyak 78,9 persen dari 51,4 persen pemilih Prabowo-Gibran menyatakan mereka memilih karena faktor Jokowi yang memberikan dukungan kepada Prabowo-Gibran melalui gerak tubuh dan simbol-simbol yang dilakukannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: