Elektabilitas Partai Golkar Tinggi di Pemilu 2024, Pengamat: Airlangga Mampu Rangkul Kaum Milenial

Elektabilitas Partai Golkar Tinggi di Pemilu 2024, Pengamat: Airlangga Mampu Rangkul Kaum Milenial

Kepemimpinan Airlangga Hartarto mampu membawa elektabilitas Golkar masuk urutan ke 2 Pemilu 2024--Antara

BELITONGEKSPRES.CO.ID, JAKARTA - Pada pesta demokrasi Pemilu 2024, Partai Golkar mampu menarik perhatian publik dengan kenaikan elektabilitas perolehan suara tertinggi kedua setelah PDI Perjuangan. 

Data terbaru dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan bahwa hingga Sabtu, 17 Februari 2024, sekitar 51,28% suara telah dihitung dan Golkar mendapatkan 14,59% dari total suara.

Menurut penghitungan cepat, delapan dari delapan belas partai politik nasional telah melewati ambang batas parlemen dan akan duduk di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

PDI Perjuangan memimpin dengan 16,36% suara, diikuti oleh Partai Gerindra dan PKB yang masing-masing mendapatkan lebih dari 10% suara.

BACA JUGA:Surya Paloh Bertemu Jokowi di Istana, Politisi NasDem: Terlalu Dini Bahas Koalisi

BACA JUGA:Quick Count Pileg DPR RI 2024 Dapil Babel, Politisi Gerindra Dipastikan Lolos ke Senayan

Bambang Arianto, pengamat politik dari Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta, menyoroti peran penting Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Golkar, dalam meningkatkan elektabilitas partai.

“Kepemimpinan Airlangga Hartarto telah membawa dampak positif yang signifikan, terbukti dengan perolehan suara yang mengesankan,” ujar Bambang, Senin 19 Januari 2024.

Bambang juga menambahkan bahwa kebangkitan Golkar ini merupakan rebound pertama sejak era Akbar Tanjung pada tahun 2004.

Dengan pemilihan kader yang strategis dan gerakan politik yang efektif, Airlangga Hartarto telah membawa perubahan yang berarti bagi partai.

BACA JUGA:Pemungutan Suara Ulang Pilpres 2024 di Belitung: Prabowo-Gibran Unggul Jauh

BACA JUGA:Update Perolehan Suara Caleg Artis di Pemilu Serentak 2024, DKI Jakarta Hingga Jawa Timur

Selain itu, Airlangga Hartarto, yang juga menjabat sebagai Menteri Perekonomian, telah mempromosikan berbagai inisiatif ekonomi, termasuk dukungan untuk UMKM, yang telah meningkatkan citra Golkar di mata masyarakat.

Kepercayaan ini diperkuat oleh upaya Airlangga dalam merangkul generasi muda alias milineal, yang berpotensi menarik suara signifikan dalam pemilu mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: