Menjaga Kesehatan di Usia 50 Tahun ke Atas, Pilih Olahraga yang Aman

Menjaga Kesehatan di Usia 50 Tahun ke Atas, Pilih Olahraga yang Aman

Olahraga dengan intensitas rendah bagi usia di atas 50 tahun.--Freepik

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga sangat penting bagi kesehatan kita. Sayangnya, banyak orang merasa bahwa mereka terlalu tua untuk berolahraga, terutama setelah berusia di atas 50 tahun. 

Padahal, pada usia tersebut, olahraga justru semakin penting untuk menjaga kesehatan. Oleh karena itu, dalam artikel ini, saya akan memberikan lima tips olahraga yang bisa dilakukan oleh orang yang berusia 50 tahun ke atas.

1. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan yang Sama Pentingnya

Mungkin di masa kejayaan Anda sebagai atlet muda dulu, Anda tidak terlalu memperhatikan pemanasan dan pendinginan. Namun, pada usia 50 tahun ke atas, kedua fase itu sama pentingnya. 

Pemanasan membantu mempersiapkan tubuh untuk berolahraga, meningkatkan sirkulasi darah, dan meminimalisir risiko cedera. 

Sedangkan, pendinginan membantu menurunkan detak jantung dan mengembalikan tubuh Anda ke keadaan normal. 

Jadi, jangan pernah melakukan olahraga tanpa melakukan pemanasan dan pendinginan terlebih dahulu.

BACA JUGA:Iuran BPJS Kesehatan Terbaru 2024, Apa Saja Perubahannya?

2. Pilihlah Olahraga dengan Intensitas Rendah atau Sedang

Pada usia 50 tahun ke atas, tubuh Anda tidak lagi sekuat dan secepat dulu. Oleh karena itu, pilihlah olahraga dengan intensitas rendah atau sedang seperti berjalan kaki cepat, bersepeda, berenang atau yoga. 

Olahraga yang tidak terlalu berat bisa membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fleksibilitas tubuh, serta menjaga keseimbangan dan koordinasi.

3. Perhatikan Waktu dan Durasi Olahraga

Meskipun penting untuk berolahraga secara teratur, Anda juga harus memperhatikan waktu dan durasi olahraga. Idealnya, lakukan olahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3 kali seminggu. 

Namun, secara bertahap, Anda bisa menambah waktu dan durasi olahraga lebih lama. Jangan terburu-buru atau memaksakan diri untuk berolahraga terlalu lama pada awalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber