Bupati Belitung Timur Kick-Off Penanaman Komoditas Pertanian, Bagikan 2.500 Bibit Cabai

Bupati Belitung Timur Kick-Off Penanaman Komoditas Pertanian, Bagikan 2.500 Bibit Cabai

Bupati Belitung Timur, Burhanudin menanam komoditas pertanian di halaman Kantor Bupati Beltim.--Prokompim Setda Beltim

BELITONGEKSPRES.CO.ID, BELITUNG TIMUR - Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin bersama Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Dr Safrizal Zakaria Ali MSi melakukan kegiatan Kick-Off Penanaman Komoditas Pertanian dan Pemberian Bibit Cabai di Perkarangan Belakang Kantor Bupati Belitung Timur, Kamis 22 Februari 2024 sore.

Kegiatan yang dihadiri Pj Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Babel, Safriati Safrizal SSi MSi  ini membagikan 2.500 bibit cabai ke tujuh kecamatan di Kabupaten Belitung Timur.

Dimana kegiatan ini merupakan Program Semarak Babel (Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung) dalam rangka memajukan pertanian dan menjaga budaya kearifan lokal di Bumi Serumpun Sebalai.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam mendukung program pemerintah provinsi dalam menangani inflasi daerah.

"Saya berharap melalui gerakan penanaman tanaman komoditas pertanian, kita dapat menciptakan ketahanan pangan yang berkelanjutan dan mengurangi ketergantungan terhadap pasokan dari luar daerah," kata Bupati.

BACA JUGA:Bupati Beltim Serahkan Bantuan pada Ahli Waris Korban Gagal Ginjal

Terkait program Yuk Ke Ume, Bupati mengatakan bahwa program ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menekan inflasi di Kabupaten Belitung Timur.

“Melalui program Yuk Ke Ume, kita berupaya mendorong masyarakat di Kabupaten Belitung Timur untuk mengoptimalkan lahan pekarangannya untuk menanam komoditas penyumbang inflasi daerah, seperti kangkung, cabai dan lain sebagainnya,” jelasnya.

Selaras dengan Bupati Belitung Timur, Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Babel mengatakan tentang potensi lahan kosong yang bisa dimanfaatkan dan ditanami komoditas pangan, agar harga pangan di wilayah semua kabupaten stabil, dan persentase inflasi tetap terjaga dengan baik.

“Saya mengajak Bupati Belitung Timur, Forkopimda, beserta jajaran di Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur dan juga masyarakat Belitung Timur untuk memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki agar dimanfaatkan semaksimal mungkin,” ungkap Pj Gubernur.

BACA JUGA:Bupati Beltim Lepas Pemain U13 untuk Mengikuti Kejuaraan Piala Soeratin Babel 2023

Terkait Program Semarak Babel, Pj Gubernur menjelaskan bahwa program ini akan tetap dilaksanakan hingga Desember 2024 guna mengisi program pembangunan pertanian sehingga diharapkan mampu mengatasi isu dan mengendalikan inflasi di Provinsi Babel.

“Program Semarak Babel ini akan terus dilaksanakan sepanjang tahun hingga desember (2024), sehingga harga (komoditas) menjadi stabil. Ini merupakan niat baik kita semua dalam mempertahankan swasembada, menghasilkan produksi yang mengalir, harga tenang, petani pun semangat, dan terus menyebar ke masyarakat,” ujarnya.

Diakhir acara Bupati Beltim, Pj Gubernur Babel, Forkopimda Beltim, Sekretaris Daerah Beltim, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Babel, Kemenag Beltim, Kepala BI Perwakilan Bangka Belitung, Pj Ketua PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ketua TP PKK, GOW, DWP, Persatuan Istri DPRD, Ketua Bhayangkari, dan Ketua Persit Kabupaten Belitung Timur melakukan penanaman bibit cabai bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: prokompim setda beltim