Banyak Siswa Belum Terdaftar, Pendaftaran SNBP 2024 Diperpanjang Hingga Besok

Banyak Siswa Belum Terdaftar, Pendaftaran SNBP 2024 Diperpanjang Hingga Besok

Ilustrasi pelajar.--Freepik

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 telah memperpanjang pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) atau jalur undangan, setelah masa pendaftaran resmi ditutup pada tanggal 28 Februari 2024 pukul 15.00 WIB. 

Hal ini dilakukan setelah evaluasi panitia menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum menyelesaikan proses pendaftaran SNBP.

Dalam pengumuman yang disampaikan melalui akun Instagram SNPMB 2024, pihak panitia memberikan kesempatan kepada peserta yang belum menyelesaikan proses pendaftaran SNBP 2024 untuk mendaftar dan menyelesaikan pendaftaran SNBP hingga paling lambat tanggal 29 Februari 2024, pukul 15.00 WIB.

Meskipun demikian, banyak siswa yang mengharapkan agar pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah melalui jalur SNBP juga diperpanjang. Beberapa siswa menyatakan permohonan perpanjangan tersebut di kolom komentar Instagram.

BACA JUGA:Pendaftaran SNBP 2024, Ini Cara Download dan Cetak Kartu Tanda Peserta

Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024 untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) sendiri telah ditutup pada tanggal 27 Februari 2024, seperti yang diumumkan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puslapdik Kemendikbudristek) RI melalui akun Instagram @puslapdik_dikbud.

Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) jadi salah satu syarat yang harus dilalui oleh siswa yang ingin mendaftar melalui jalur undangan SNBP. 

SNBP dilakukan dengan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik siswa. 

BACA JUGA:10 Tips Jitu Lolos SNBP 2024 yang Harus Kamu Pahami

Rapor yang digunakan biasanya untuk semester pertama hingga semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester pertama hingga semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

Sedangkan untuk prestasi akademik maupun non akademik siswa yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik. 

Pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SNBP dilakukan oleh Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2024 bersama Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

BACA JUGA:SNBP 2024: Panduan Lengkap Syarat, Cara Daftar dan Jadwal UTBK

Pendaftaran KIP Kuliah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway