Jadwal Awal Puasa Ramadan 2024 Berdasarkan Versi NU, Muhammadiyah, dan Kemenag

Jadwal Awal Puasa Ramadan 2024 Berdasarkan Versi NU, Muhammadiyah, dan Kemenag

Ilustrasi: Jadwal Awal Puasa Ramadan 2024--

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Bulan suci Ramadan tahun 2024 adalah momen yang paling ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. 

Sebelum memasuki bulan puasa, ada beberapa hal yang perlu diketahui, seperti kapan awal puasa Ramadan 2024, kapan Idul Fitri, dan kapan Idul Adha.

Untuk menentukan awal puasa Ramadan biasanya ada tiga sumber utama sebagai acuan, yaitu Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan Kementerian Agama (Kemenag). 

Ketiga sumber ini memiliki metode yang berbeda dalam menetapkan awal puasa, yaitu rukyatul hilal (melihat bulan sabit) dan hisab (perhitungan astronomi).

BACA JUGA:PDI Perjuangan Belitung Masih Jadi Partai Pemenang, Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

BACA JUGA:Cara Mudah Pinjam Uang di OVO Tanpa KTP dan Jaminan, Simak Langkah!

Berikut adalah jadwal lengkap awal puasa Ramadan 1445 hijriah/2024 versi NU, Muhammadiyah, dan Kemenag. 

1. Awal Puasa Ramadan 2024 Versi NU

NU adalah organisasi Islam terbesar di Indonesia yang memiliki Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) sebagai lembaga yang bertugas menetapkan awal puasa Ramadan dan hari-hari besar Islam lainnya.

LF PBNU menggunakan metode rukyatul hilal untuk menentukan awal puasa Ramadan, yaitu dengan melihat bulan sabit secara langsung di langit setelah matahari terbenam. LF PBNU juga mengacu pada almanak yang diterbitkan oleh PBNU setiap tahun.

Menurut almanak PBNU, 1 Ramadan 1445 H/2024 M jatuh pada hari Selasa, 12 Maret 2024. Hal ini juga dikuatkan oleh prediksi Ketua LF PBNU, KH Sirril Wafat, yang mengatakan bahwa hilal tidak mungkin terlihat pada 29 Sya’ban 1445 H atau bertepatan dengan Ahad, 10 Maret 2024.

BACA JUGA:Mobil YangWang U8, SUV Mewah dan Canggih China yang Bisa Mengapung di Air

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Uban Secara Permanen dengan 3 Bahan Alami, Anda Wajib Tahu!

“Jadi langkah ikmal/istikmal Sya’ban sebagaimana tertulis di almanak PBNU sudah benar. Insyaallah fix 1 Ramadan 1445 H bertepatan dengan 12 Maret 2024 M,” katanya seperti dikutip dari laman NU Online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: