Toyota Kembangkan Toyota Land Cruiser SE, Versi Listrik Mampu Tempuh Jarak 1000 Km

Toyota Kembangkan Toyota Land Cruiser SE, Versi Listrik Mampu Tempuh Jarak 1000 Km

Toyota Land Cruiser SE.--YouTube

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Toyota sedang mengembangkan versi listrik dari Toyota Land Cruiser yang disebut dengan Land Cruiser SE dan diharapkan hadir pada tahun 2026. 

Mobil ini akan dibekali dengan teknologi baterai canggih yang mampu menempuh jarak lebih dari 1.000 kilometer (km).

Land Cruiser SE dikembangkan berfokus pada kenyamanan dan diharapkan menjadi produk yang ideal untuk diluncurkan pada ulang tahun ke-75 Land Cruiser pada tahun 2026.

Land Cruiser SE pertama kali dipamerkan di ajang Japan Mobility Show, Tokyo pada akhir 2024 lalu. Mobil ini akan menggunakan teknologi sel prismatik Toyota, yang menjanjikan biaya produksi yang lebih murah, dan lebih padat energi dibandingkan teknologi baterai yang ada saat ini. 

BACA JUGA:Hilux Rangga Siap Meluncur Tahun ini, Komitmen Toyota Dukung Pelaku Usaha

Dua tahun setelahnya, Toyota berencana untuk memperkenalkan baterai dengan performa lebih tinggi yang dapat menempuh jarak hingga 621 mil (1.000 km) per pengisian daya.

Toyota juga berencana untuk memperluas jajaran Land Cruiser dan menjadikannya merek tersendiri seperti sub-brand. 

Saat ini, Land Cruiser SE diharapkan dapat bersaing dengan mobil-mobil seperti Land Rover Defender dan G-Class kecil dari Mercedes yang juga akan memadukan proporsi yang ringkas dengan tampilan yang tangguh. 

Meskipun tidak berfokus pada off-road seperti J250 Land Cruiser Prado, Toyota akan memastikan bahwa Land Cruiser SE memberikan pengendalian yang "bertanggung jawab" saat berada di jalan setapak.

BACA JUGA:Toyota Innova Zenix 2023, Teknologi Modern Nyaman Bagi Pengendara

Land Cruiser SE diharapkan memiliki ukuran yang mirip dengan mobil BEV pertama Toyota, bZ4X, namun seperti yang disebutkan sebelumnya, akan lebih fokus pada gaya dan utilitas. Mobil ini diharapkan akan didasarkan pada arsitektur E-TNGA serta disertai dengan torsi yang besar dari motor listrik yang dapat membuatnya mampu mendaki bukit atau melintasi parit.

Ada rencana potensial juga untuk versi pembakaran internal dan hibrida dari SUV yang sedang dikembangkan, selain varian baterai listrik. 

Bagaimanapun, tujuan utama dari model ini adalah untuk membuat jajaran Land Cruiser yang berkembang menjadi lebih terjangkau, dan dapat dijangkau oleh lebih banyak orang di seluruh dunia, menurut Toyota. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara