Kemenhub Buka Program Mudik Gratis Angkutan Motor 2024, Simak Cara Daftar dan Rutenya

Kemenhub Buka Program Mudik Gratis Angkutan Motor 2024, Simak Cara Daftar dan Rutenya

Para pemudik di stasiun Gambir.--Disway

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka program mudik gratis angkutan motor atau MOTIS 2024 mulai hari ini Senin, 4 Maret hingga 18 April 2024. 

Program ini diselenggarakan langsung oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) MOTIS 2024, yang memfasilitasi masyarakat untuk mudik menggunakan kereta api secara gratis.

Pada penyelenggaraan MOTIS tahun-tahun sebelumnya, program ini menerima banyak masukan untuk memperpanjang layanan. 

Oleh karena itu, pada tahun 2024 ini, angkutan MOTIS akan diselenggarakan dengan tiga lintas pelayanan, dengan harapan dapat menarik minat lebih banyak masyarakat daripada tahun-tahun sebelumnya.

Melalui MOTIS 2024, pemudik yang menggunakan sepeda motor dapat dialihkan ke angkutan kereta api saat Lebaran nanti. Maka, sepeda motor calon pemudik dapat diangkut pakai kereta api ke kampung halaman secara gratis.

BACA JUGA:Ini Dia Kriteria Baru Hilal Awal Puasa Ramadan 2024, Berikut 6 Alasannya

Arif Anwar, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api mengungkapkan bahwa MOTIS 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 2-8 April 2024 untuk angkutan Arus Mudik, sementara layanan MOTIS 2024 untuk angkutan Arus Balik akan diselenggarakan pada 13-19 April 2024.

Arif berharap penyelenggaraan angkutan MOTIS kali ini dapat menarik minat lebih banyak masyarakat daripada tahun-tahun sebelumnya. 

Ia pun menekankan agar masyarakat memanfaatkan program ini dan tidak memaksakan diri mudik naik motor karena sangat berbahaya bagi diri dan pengendara lainnya.

BACA JUGA:Jadwal Awal Puasa Ramadan 2024 Berdasarkan Versi NU, Muhammadiyah, dan Kemenag

Syarat dan Link Pendaftaran Program MOTIS 2024

* KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK;

* Besaran Motor <200 CC;

* Mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway