Ditjen Perhubungan Darat Sediakan 722 Bus, Program Mudik Gratis 2024

Ditjen Perhubungan Darat Sediakan 722 Bus, Program Mudik Gratis 2024

Para pemudik mengikuti Program Mudik Gratis Kemenhub 2024.--Disway

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub 2024 menarik untuk disimak oleh para calon pemudik. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan menyediakan sebanyak 722 unit bus untuk program Mudik Gratis di Lebaran 2024

Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 6 Maret 2024 hingga 3 April 2024. Namun, jika kuota sudah habis melalui aplikasi MitraDarat yang dapat diunduh di Appstore atau Playstore.

Pihak Kemenhub mengimbau masyarakat yang akan pulang kampung dalam rangka Lebaran 2024 untuk ikut program Mudik Gratis baik yang diselenggarakan oleh Kemenhub ataupun Kementerian atau Lembaga lain. 

Terutama bagi yang berencana naik kendaraan roda dua ke kampung halamannya. Ditjen Hubdat menyediakan sebanyak 30.088 kuota Mudik Gratis terdiri dari 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik.

BACA JUGA:Kemenhub Buka Program Mudik Gratis Angkutan Motor 2024, Simak Cara Daftar dan Rutenya

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno dalam keterangannya menjelaskan bahwa Ditjen Hubdat pada tahun ini akan kembali menyediakan 900 unit kuota pengangkutan motor dengan truk secara gratis. 

“Disediakan kuota 450 unit untuk arus mudik dengan 15 truk dan 450 unit untuk arus balik yang diangkut dengan 15 unit truk juga. Jadi akan ada 30 unit truk,” kata Hendro pada Selasa, 5 Maret 2024.

Dia juga menambahkan bahwa kota tujuan Mudik dan Balik tahun ini mencakup 33 kota yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan serta wilayah Sumatera.

Rincian kota tujuan di Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Kemudian Provinsi Jateng- DIY sebanyak 19 Kota yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, Sragen dan Yogyakarta. 

BACA JUGA:Ribuan Pejalan Kaki Membludak Saat Mudik Lebaran 2023, Mobil Justru Lengang

Selanjutnya Provinsi Jawa Timur 5 Kota yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung. Di Kalimantan 2 Kota yaitu Banjarmasin dan Pangkalan Bun dan wilayah Sumatera 4 Kota yaitu Lampung, Palembang, Bengkulu dan Padang.

Untuk kota asal arus balik terdapat di 9 kota yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta dan Palembang. 

Sementara untuk lokasi tujuan Mudik dan Balik bagi pengangkutan Sepeda Motor sebanyak 5 kota yaitu Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, dan Yogyakarta.

Penyerahan sepeda motor untuk kegiatan arus mudik akan dilaksanakan pada hari Kamis, 4 April 2024 di Terminal Tipe A Pondok Cabe, Tangerang Selatan yang kemudian akan diberangkatkan pada hari Jumat, 5 April 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway