Sidang Isbat Penetapan Awal Puasa Ramadan 2024 digelar Secara Live Hari Ini

Sidang Isbat Penetapan Awal Puasa Ramadan 2024 digelar Secara Live Hari Ini

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin--Kemenag

BELITONGEKSPRES.CO.ID, JAKARTA - Sidang Isbat penetapan awal puasa Ramadan 2024 akan digelar Kementerian Agama (Kemenag) yang disiarkan secara live di Channel Youtube Bimas Islam.

Kemenag akan melaksanakan Sidang Isbat penetapan awal Ramadan pada hari ini, Minggu 10 Maret 2024 di Auditorium H.M Rasjidi Kemenag, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

"Kegiatan ini akan digelar secara hybrid, daring dan luring," kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin dikutip dari kemenag.go.id.

Menurut Kamarudin, sidang Isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah puasa.

BACA JUGA:Ini Dia Kriteria Baru Hilal Awal Puasa Ramadan 2024, Berikut 6 Alasannya

BACA JUGA:Kapan Puasa Ramadhan Menurut Muhammadiyah dan NU? Simak Jadwalnya

Sementara itu Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib menambahkan informasi terkait pelaksanaan sidang Isbat penetapan 1 Ramadan 2024.

Pelaksanaan sidang Isbat bakal melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, serta dihadiri oleh para duta besar negara sahabat dan perwakilan dari Ormas Islam. 

Selain itu, akan ada perwakilan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

"Pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI juga diundang untuk hadir dalam sidang," kata Adib seperti dilansir laman resmi Kemenag.

BACA JUGA:Promo Lengkap Ramadhan, Swiss-Belresort Belitung Hadirkan Paket Eksklusif Staycation dan Buka Puasa

BACA JUGA:Beliadi Sorot Rencana Penambangan di Laut Beltim, Masyarakat Makan Terasi, PT Timah Makan Daging

Sidang Isbat akan terbagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 Hijriah berdasarkan hasil hisab, dilakukan oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB. 

"Sesi ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara live di Channel Youtube Bimas Islam," tambah Adib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: