Pengumuman Awal Ramadan 1445 Hijriah: Jadwal dan Tahapan Sidang Isbat

Pengumuman Awal Ramadan 1445 Hijriah: Jadwal dan Tahapan Sidang Isbat

Kemenag RI Pengumuman Awal Ramadan 1445 Hijriah sore ini--Kemenag

BELITONGEKSPRES.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) akan mengumumkan hasil sidang isbat yang menentukan tanggal awal Ramadan 1445 Hijriah.

Pengumuman hasil sidang isbat awal Ramadan dijadwalkan pada pukul 19.05 WIB, setelah salat Magrib, di Auditorium H.M Rasjidi, Jakarta Pusat, Minggu 10 Maret 2024.

Tahapan Penting Sidang Isbat

  • Seminar Posisi Hilal: Pemaparan posisi hilal berdasarkan hisab oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag RI yang dimulai pukul 17.00 WIB dan disiarkan live di Channel Youtube Bimas Islam.
  • Pelaksanaan Sidang Isbat: Sidang tertutup setelah salat Magrib, merujuk pada data hisab dan hasil rukyatulhilal dari 134 lokasi di Indonesia.
  • Konferensi Pers: Penetapan 1 Ramadan 1445 H akan disampaikan melalui konferensi pers yang juga disiarkan di media sosial Kemenag.

BACA JUGA:Sidang Isbat Penetapan Awal Puasa Ramadan 2024 digelar Secara Live Hari Ini

BACA JUGA:Beliadi Sorot Rencana Penambangan di Laut Beltim, Masyarakat Makan Terasi, PT Timah Makan Daging

Sidang isbat ini merupakan bagian penting dari tradisi umat Islam di Indonesia dalam menentukan awal bulan suci Ramadan.

Kegiatan ini akan diawali dengan seminar posisi hilal yang terbuka untuk umum, diikuti oleh sidang isbat yang digelar secara tertutup, dan diakhiri dengan pengumuman resmi oleh Kemenag.

Jadwal Sidang Isbat

  • Hari/Tanggal: Minggu, 10 Maret 2024
  • Waktu: Mulai pukul 17.00 WIB
  • Tempat: Auditorium H.M Rasjidi, Kementerian Agama

Pemantauan hilal akan dilakukan di 134 titik di seluruh Indonesia untuk memastikan keakuratan penentuan tanggal 1 Ramadan pada tahun ini.

BACA JUGA:Ini Dia Rangkaian Kegiatan BCIF 2024, yang Perkenalkan Potensi Pariwisata dan Budaya Belitung

BACA JUGA:Polemik Tambak Udang di Pulau Seliu Belitung: Ancaman Ekosistem Pesisir dan Pariwisata Ramah Lingkungan

Hasil sidang isbat ini akan menandai dimulainya bulan puasa Ramadan 1445 Hijriah atau 2024 Masehi bagi umat Islam di Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: