Skandal Korupsi Timah: Pengusaha Ternama RBS Diperiksa Selama 13 Jam, Apa Hasilnya?

Skandal Korupsi Timah: Pengusaha Ternama RBS Diperiksa Selama 13 Jam, Apa Hasilnya?

Robert Bonosusatya (RBS), pengusaha ternama di tanah air yang diperiksa terkait skandal korupsi timah--disway.id

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Dugaan korupsi Timah yang menyeret suami Sandra Dewi, Harvey Moeis, bersama crazy rich Helena Lim dan 14 tersangka lainnya, terus bergulir di Kejaksaan Agung (Kejagung). 

Salah satu yang menjadi sorotan adalah Robert Bonosusatya (RBS), seorang pengusaha ternama di tanah air. RBS ikut diperiksa oleh penyidik Kejagung sebagai saksi skandal korupsi timah.

Berkapasitas sebagai saksi, Robert Bonosusatya diperiksa selama 13 jam terkait kasus dugaan korupsi dalam tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022. 

Pengusaha Robert Bonosusatya diduga memiliki peran penting dalam perusahaan yang terlibat dalam kasus tersebut, karena pernah menjabat sebagai pimpinan PT Refined Bangka Tin (RBT).

BACA JUGA:2 Mobil Mewah Tersangka Korupsi Timah Disita Kejagung, Salah Satunya Hadiah untuk Sandra Dewi

BACA JUGA:Dua Oknum Kades Peras Penambang Timah? Minta Pungutan Koordinasi, Ancam Tambang Akan Dirazia

PT RBT merupakan perusahaan yang telah berhenti operasi setelah digeledah penyidik Jampidsus Kejagung terkait pengembangan kasus korupsi timah Bangka Belitung (Babel).

Penyidik Jampidsus Kejagung menggeledah PT RBT pada Sabtu 23 Desember 2023 lalu. Keterlibatan RBS menjadi perhatian karena hubungannya dengan PT RBT yang kemudian terkait dengan Harvey Moeis. 

Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung, Kuntadi, menyebut pemeriksaan terhadap RBS bertujuan untuk mengungkap keterlibatannya dalam perkara korupsi timah yang melibatkan PT RBT.

Selanjutnya, terungkap PT RBT melibatkan Harvey Moeis sebagai perpanjangan tangannya. Semua pihak dianggap penting oleh Kuntadi untuk menyelidiki keterangannya yang sangat signifikan.

BACA JUGA:Aktor Intelektual Kasus Korupsi Timah Diperiksa Kejagung, MAKI Desak RBS Ditetapkan Tersangka

BACA JUGA:Giliran Suami Artis Sandra Dewi Jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Susul Helena Lim

Kejagung meminta keterangan saksi untuk menjelaskan peristiwa pidana yang terjadi. Oleh karena itu, kami memanggil dan memeriksa saudara RBS sebagai saksi," ujar Kuntadi dalam konferensi pers, Senin, 1 April 2024.

Robert Bonosusatya menyatakan telah menjawab seluruh pertanyaan penyidik usai pemeriksaan. Namun, ia enggan memberikan komentar lebih lanjut terkait dugaan keterlibatannya dengan PT RBT dalam kasus korupsi timah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id