Cara Mengatasi Sembelit dengan Camilan Kaya Serat, Perlancar Buang Air Besar

Cara Mengatasi Sembelit dengan Camilan Kaya Serat, Perlancar Buang Air Besar

Cara Mengatasi Sembelit dengan Camilan Kaya Serat, Perlancar Buang Air Besar--freepik

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Ketika makanan berlebihan masuk ke dalam perut, seringkali sembelit dapat menjadi masalah yang tidak menyenangkan, menyebabkan sensasi kembung, ketegangan, dan ketidaknyamanan secara keseluruhan.

Untuk mengatasi sembelit, banyak orang mencari cara unik. Namun mengonsumsi makanan kaya serat bisa menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan memperlancar proses buang air besar.

Jika Anda mengalami sembelit, pertimbangkan untuk mengambil langkah-langkah yang didukung oleh pengetahuan ilmiah. Camilan tinggi serat, seperti puding biji chia, yang dikombinasikan dengan konsumsi air, dapat membantu memperbaiki kondisi Anda.

Menurut The PCOS Nutritionist Alyssa Pacheco RD, "Biji chia adalah sumber serat tinggi yang sangat baik untuk dimasukkan ke dalam pola makan Anda." 

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Perut Buncit Dengan Bawang Putih, Yuk Simak Ulasannya

BACA JUGA:Tips Menurunkan Berat Badan, Ini Lima Minuman yang Dapat Membakar Lemak Perut

Dalam sebuah laporan dari Eating Well, Rabu 10 April 2024 disebutkan bahwa hanya dengan mengonsumsi 2 sendok makan biji chia, Anda bisa mendapatkan 10 gram serat.

Berdasarkan penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi buah plum dan kiwi setiap hari bisa meningkatkan konsistensi dan frekuensi dari buang air besar.

Serat yang terkandung dalam dinding sel kiwi memiliki kemampuan untuk menahan air, yang dapat membantu menghasilkan tinja yang lebih lunak.

Namun, disarankan untuk menghindari konsumsi bahan-bahan yang mengandung capsaicin dalam jumlah besar, seperti kayu manis atau cabai rawit, karena dapat mengganggu pencernaan. 

BACA JUGA:Lakukan 5 Olahraga Ini Selama Satu Minggu, Perut Buncit Kamu Akan Kembali Langsing

BACA JUGA:Tahukah Kamu, Ini Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Molekul capsaicin bisa menyebabkan sensasi panas yang membuat tubuh merespons dengan merangsang saluran gastrointestinal untuk memperlancar buang air besar.

Walaupun beberapa orang mencampur bahan-bahan yang mengandung capcaisin dan asam sebagai obat pencahar, penting untuk tetap berhati-hati terhadap dampaknya pada tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara