10 Masjid Paling Indah di Dunia Saat Ini, Bukti Kemegahan Arsitektur Islam

10 Masjid Paling Indah di Dunia Saat Ini, Bukti Kemegahan Arsitektur Islam

Masjidil Haram, Arab Saudi: Melambangkan Keindahan dan Kesucian--dunia masjid

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Dalam perjalanan memahami kemegahan arsitektur Islam, tak ada yang lebih memukau daripada melihat keindahan yang tersirat dari 10 masjid paling indah di dunia saat ini.

Dari Oman hingga India, dari Turki hingga Pakistan, masjid-masjid indah ini bukan sekadar arsitektur bangunan megah, tetapi juga saksi bisu dari sejarah dan keagungan Islam. 

Berikut ini adalah 10 masjid paling indah di dunia saat ini, yang merupakan bukti sejarah dan kemegahan Arsitektur Islam seperti dilansir bestdiplomat.org, Sabtu 13 April 2024.

1. Masjidil Haram, Arab Saudi: Melambangkan Keindahan dan Kesucian

Masjidil Haram di Arab Saudi bukan sekadar monumen Islam, tetapi juga salah satu keajaiban dunia. Dengan luas hampir 400.800 meter persegi, masjid ini tidak hanya rumah bagi Ka'bah dan Hajar Aswad, tetapi juga menyimpan berbagai landmark penting lainnya, termasuk makam Nabi Ibrahim AS dan sumur Zamzam.

Sebagai tempat suci pertama dalam Islam, Masjidil Haram terus berkembang untuk menampung jutaan jemaah yang melakukan ibadah Haji dan Umrah setiap tahunnya, menjadikannya takdir bagi setiap Muslim yang ingin menyaksikan kebesaran dan keelokan Islam.

BACA JUGA:Apa Hukumnya Serangan Fajar Politik Uang Dalam Islam? Ini Penjelasannya

BACA JUGA:Hukum Main Trade Dalam Agama Islam, Halal atau Haram?

2. Masjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi: Simbol Kemegahan dan Ketenangan


Masjid Agung Sheikh Zayed--qoobah.co.id

Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi adalah perpaduan sempurna antara keanggunan dan kemegahan. Dengan 82 kubah putih berkilauan, karpet-karpet rajutan tangan yang mempesona, dan lampu gantung berlapis kristal Swarovski, masjid ini adalah perwujudan visual kemegahan Islam. Dengan kemampuan menampung 40.000 jemaah, masjid ini bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga titik pertemuan bagi mereka yang mencari ketenangan dan kedamaian.

3. Masjid Hagia Sophia, Turki: Merangkai Sejarah dan Keindahan


Masjid Hagia Sophia--jakarta islamic centre

Masjid Hagia Sophia di Turki telah lama menjadi daya tarik bagi pelancong Muslim dan non-Muslim. Dengan menara tinggi dan mozaik-mozaik indah yang menggambarkan sejarah Kristen masa lampau, masjid ini adalah perwujudan harmoni antara masa lalu dan masa kini. Setelah berabad-abad menjadi museum, Hagia Sophia kembali digunakan sebagai masjid, membawa kembali kehidupan kepada arsitektur yang tak tertandingi dalam sejarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: