Melalui UMKM EXPO(RT), BRI Bantu Pelaku UMKM Aksesori Ini Dapatkan Akses Pasar Global

Melalui UMKM EXPO(RT), BRI bantu pelaku UMKM Aksesori Gelap Ruang Jiwa untuk mendapatkan akses pasar global-(Istimewa/BRI)-
JAKARTA, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Lewat ajang UMKM EXPO(RT) 2025, BRI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong pelaku UMKM lokal naik kelas hingga menembus pasar global.
Salah satu cerita sukses datang dari Gelap Ruang Jiwa, brand aksesori unik asal Kota Bandung, Jawa Barat, yang kini mulai menarik perhatian pembeli luar negeri.
Dengan dukungan BRI, usaha kreatif yang digagas Runa ini mendapatkan eksposur, pelatihan ekspor, dan kesempatan lebih besar untuk memperluas jangkauan pasar. Gimana kisah lengkapnya? yuk simak!
BRI terus menunjukkan konsistensinya sebagai bank yang fokus pada pemberdayaan UMKM. Melalui berbagai inisiatif dan solusi keuangan, BBRI berupaya membantu pelaku usaha kecil agar bisa berkembang, memperluas akses pasar, dan membangun ekosistem usaha yang berkelanjutan.
Salah satu UMKM yang merasakan langsung dampak positif dari dukungan Bank Rakyat Indonesia adalah Gelap Ruang Jiwa, sebuah brand aksesori yang didirikan oleh Runa pada 2019.
BACA JUGA:Arus Balik Lebaran Makin Nyaman, BRI Sediakan Posko BUMN di Bandara dan Rest Area Tol
Inspirasi bisnis ini bermula saat Runa mengikuti mata kuliah fashion aksesori di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ketertarikannya terhadap dunia aksesori membuatnya semakin mendalami beragam material dan teknik, hingga akhirnya menemukan kecintaan pada proses kreatif di balik pembuatan aksesori.
“Koleksi pertama kami akhirnya rilis di tahun 2019,” ungkap Runa, dalam keterangan tertulis, Senin 7 April 2025.
Ciri khas utama dari produk Gelap Ruang Jiwa terletak pada pilihan material yang tidak lazim dan penuh eksplorasi. Runa, sang pendiri, memilih perunggu sebagai bahan utama karyanya, sambil memadukannya dengan elemen-elemen yang sering dianggap tak bernilai, seperti sampah plastik dan potongan kabel bekas.
Perunggu dipilih bukan tanpa alasan. Selain menghasilkan warna silver yang unik, material ini juga menawarkan keseimbangan ideal antara tantangan dalam pengerjaan dan efisiensi biaya produksi.
BACA JUGA:Kisah Sukses UMKM Unici Songket Silungkang, Berkat BRI Produk Warisan Budaya Tembus Pasar Global
Hasilnya, produk Gelap Ruang Jiwa tetap memiliki nilai seni tinggi namun tetap terjangkau bagi banyak kalangan. “Desain aksesori kami punya ciri khas tersendiri—abstrak dan bertekstur. Itu yang membuat setiap karya terasa personal,” ujar Runa.
Dari sisi harga, Runa menyebut bahwa produk perhiasan Gelap Ruang Jiwa dijual mulai dari Rp300 ribu hingga Rp3 juta untuk kategori retail. Dengan rentang harga tersebut, bisnis lokal ini mampu mencatatkan omzet bulanan yang cukup mengesankan, yakni antara Rp80 juta hingga Rp200 juta.
Namun, perjalanan bisnis ini tentu tidak lepas dari tantangan, khususnya dalam menjaga kualitas desain yang menjadi ciri khasnya. Setiap aksesori dibuat secara manual, satu per satu, sehingga membutuhkan keahlian tinggi dari para pengrajin.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: