Berkat LinkUMKM BRI, Pengusaha Ini Sukses Naik Kelas dan Perluas Pasar Digital

Berkat LinkUMKM BRI, Pengusaha Ini Sukses Naik Kelas dan Perluas Pasar Digital

Berkat LinkUMKM BRI, Pengusaha Jelita Puspa Agustin Berhasil Naik Kelas dan Perluas Skala Usaha-(Istimewa/BRI)-

JAKARTA, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Dari dapur rumah ke pasar digital nasional, Jelita Puspa Agustin membuktikan bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bisa naik kelas asal tahu cara memanfaatkan peluang. 

Berkat pendampingan BRI melalui platform digital LinkUMKM, ia menemukan jalan untuk mengembangkan bisnis camilan sehatnya—bukan hanya bertahan, tapi juga tumbuh pesat di tengah persaingan.

Platform digital LinkUMKM berperan sebagai jembatan dalam menghubungkan para pelaku usaha dengan akses pasar, pembiayaan, pelatihan, serta layanan pendampingan usaha yang mereka butuhkan.

Bermula dari dapur kecil di Kalideres, Jakarta Barat, Jelita Puspa Agustin tak pernah membayangkan usahanya akan berkembang sejauh ini. Dengan brand Serela Food, ia kini memasarkan aneka camilan sehat ke berbagai wilayah di Indonesia melalui platform digital.

BACA JUGA:Kisah UMKM Mendunia: Bali Nature Sukses Go Internasional Berkat Pemberdayaan BRI

Di awal usahanya tahun 2015, Jelita hanya memproduksi cokelat karakter dan cereal bar dalam skala terbatas. Namun, seiring meningkatnya permintaan dan semangat untuk berinovasi, lini produknya pun berkembang. 

Crispy brownies, cookies snack, sereal, hingga dessert mulai melengkapi katalog Serela Food. Semua produk tersebut mengusung prinsip yang sama: camilan nikmat dengan sentuhan sehat dan kemasan menarik.

Namun, seperti banyak pelaku UMKM lainnya, Jelita menghadapi tantangan besar saat ingin memperluas pasar dan membesarkan usahanya. Di sinilah peran LinkUMKM BRI menjadi game-changer. Platform ini tidak hanya membantu Jelita memperluas jangkauan penjualan, tapi juga membuka akses ke berbagai pelatihan dan peluang pembiayaan.

LinkUMKM hadir sebagai solusi menyeluruh untuk pelaku UMKM yang ingin naik kelas. Di dalamnya terdapat fitur-fitur yang membantu pengusaha mengelola bisnis secara lebih modern, mulai dari pemasaran digital, edukasi keuangan, hingga jaringan komunitas sesama UMKM. 

BACA JUGA:Super Apps BRImo Tembus 40 Juta User, Transaksi Sentuh Rp1.599 Triliun di Triwulan I/2025

Lewat platform ini, proses transformasi digital yang semula terasa rumit, menjadi lebih mudah dijalani. Dampaknya terasa langsung pada Serela Food. Penjualan meningkat, kanal distribusi bertambah, dan brand awareness pun tumbuh. 

Produk-produk Jelita kini bisa ditemukan di berbagai marketplace besar seperti Tokopedia, Shopee, dan Blibli. Tak hanya itu, strategi bisnisnya pun makin tertata, menjadikan Serela Food bukan sekadar bisnis rumahan, melainkan usaha yang siap bersaing di pasar yang lebih luas.

“Pada tahun 2022 saya ingin mengembangkan usaha saya dan mulai bergabung di Rumah BUMN BRI. Sejak masuk pada ruang lingkup tersebut saya mendapatkan pelatihan-pelatihan usaha sampai akhirnya saya mengenal platform LinkUMKM dari BRI,” ungkap Jelita.

Salah satu fitur yang paling bermanfaat bagi Jelita di platform LinkUMKM adalah Smart UMKM. Fitur ini dirancang sebagai ruang belajar digital yang komprehensif bagi pelaku usaha. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: