Dari Proyek Mahasiswa Jadi UMKM Naik Kelas, Kumora Cookies Sukses Berkat Rumah BUMN BRI Jakarta

Dari Proyek Mahasiswa Jadi UMKM Naik Kelas, Kumora Cookies Sukses Berkat Rumah BUMN BRI Jakarta

Dari Proyek Mahasiswa Jadi UMKM Naik Kelas, Kumora Cookies Sukses Berkat Rumah BUMN BRI Jakarta--(Dok: BRI)

Hingga kini, Destia mengungkapkan bahwa produk Kumora Cookies telah dipasarkan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tak hanya itu, jangkauan penjualannya juga mulai meluas ke luar Jabodetabek, termasuk ke kota-kota seperti Yogyakarta, Tegal, Ciamis, dan Purwokerto.

Untuk memudahkan konsumen, Kumora Cookies kini tersedia secara daring melalui platform e-commerce seperti TikTok Shop dan Shopee. Meski masih menjalani aktivitas perkuliahan, Destia dan rekan-rekannya mampu menjalankan bisnis ini secara konsisten, bahkan berhasil meraih omzet hingga Rp2 juta per bulan.

BACA JUGA:Dominasi Penyaluran KPR Subsidi Lewat FLPP, BRI Perkuat Akses Hunian Terjangkau Program 3 Juta Rumah

BACA JUGA:ATM BRI Hadir Hingga Pelosok, Warga Puji Layanan Lengkap dan Mudah Diakses

Lebih dari sekadar keuntungan finansial, keikutsertaan mereka dalam Rumah BUMN BRI juga memberikan dampak positif dalam hal pengembangan diri. Sebagai mahasiswa tingkat akhir yang merintis usaha sejak dini, Destia dan tim mendapatkan banyak pengalaman berharga serta pendampingan yang memperkuat fondasi kewirausahaan mereka.

"Kami bisa memanajemen waktu dengan lebih baik, mengingat sistem jualan kami pakai sistem pre-order. Jadi, kami mengumpulkan pesanan, baru kemudian ke tahap produksi. Cara-cara menjalankan usaha yang efektif itu kami dapatkan dengan bergabung di Rumah BUMN BRI ini,” terangnya.

Destia juga menegaskan bahwa kehadiran Rumah BUMN BRI Jakarta Pusat telah memberikan dampak besar dalam memperluas jejaring serta membuka peluang kemitraan usaha. Berkat berbagai pelatihan dan dukungan yang diterima, ia merasa lebih percaya diri dalam membawa Kumora Cookies ke tahap berikutnya.

Ia pun menyimpan harapan besar untuk masa depan usahanya. “Semoga ke depannya Kumora Cookies bisa terus berkembang, menjangkau seluruh wilayah Indonesia, bahkan bisa menembus pasar ekspor ke luar negeri,” ujar Destia penuh optimisme.

BACA JUGA:Kartu Brizzi Jadi Solusi Praktis, Tak Hanya untuk Bayar Tol tapi Juga Listrik & Belanja Harian

BACA JUGA:Aksi Nyata BRI di Hari Sungai Nasional, Jaga Ekosistem Lewat Bersih-Bersih dan Edukasi Sampah

Di kesempatan terpisah, Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, menyampaikan bahwa program Rumah BUMN telah terbukti efektif dalam memberdayakan pelaku usaha, baik di segmen mikro maupun ultra mikro, agar mampu tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

Melalui Rumah BUMN binaan BRI, para pelaku UMKM didorong untuk lebih melek teknologi melalui proses digitalisasi, bahkan hingga menembus pasar ekspor. Berdasarkan data terbaru, dari total lebih dari 446 ribu UMKM yang terdaftar, sebanyak 99.897 UMKM telah masuk kategori Go Digital. Dari jumlah tersebut, 73.832 UMKM sudah Go Online, dan 872 UMKM berhasil melangkah lebih jauh sebagai Go Global.

Adapun sektor-sektor usaha yang dibina melalui Rumah BUMN BRI meliputi berbagai bidang. Tercatat sebanyak 126.294 UMKM bergerak di sektor industri kreatif seperti fashion, food and beverages, accessories and beauty, serta home décor and craft. 

Sementara itu, sekitar 320.280 UMKM lainnya berasal dari sektor jasa perdagangan, layanan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan berbagai sektor produktif lainnya.

BACA JUGA:Kisah UMKM Olahan Kurma yang Tumbuh Bersama Rumah BUMN BRI, Kini Omzetnya Melejit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: