Jumlah Pelaku UMKM Belitung 2022 Meningkat Jadi 21.105

Jumlah Pelaku UMKM Belitung 2022 Meningkat Jadi 21.105

Kepala Bidang Koperasi dan UKM DKUKMPTK Kabupaten Belitung, Budi Swasta--

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Jumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Belitung 2022 meningkat dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan data yang tercatat di Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKUKMPTK) Kabupaten Belitung, pada tahun 2022 jumlah pelaku UMKM naik menjadi 21.105. Sedangkan pada tahun 2021 berjumlah 20.452 orang.

"Jumlah pelaku UMKM memang mengalami peningkatan jika dibandingkan pada tahun sebelumnya," kata Kepala Bidang Koperasi dan UMKM DKUKMPTK Belitung Budi Swasta kepada Belitong Ekspres, Minggu (15/1/2023).

Lebih lanjut dikatakan Budi Swasta, penambahan jumlah pelaku UMKM ini bergerak di bidang sektor perdagangan, kuliner, dan kerajinan serta berbagai jenis usaha lainnya.

BACA JUGA:Kejurnas Basket U-15 Perbasi Sukses, Wali Kota Pangkalpinang Siap Event Selanjutnya

BACA JUGA:Polisi Ungkap Liquid Vape Mengandung Sabu, Dipasarkan Secara Online dengan Harga Segini

Budi Swasta menambahkan, meningkatnya jumlah pelaku UMKM tersebut berdasarkan surat nomor induk berusaha (NIB) dan pengurusan online single submission (OSS).

Ia menilai, meningkatnya pelaku UMKM di Kabupaten Belitung menunjukkan bahwa sektor UMKM dan ekonomi kreatif saat ini cukup menjanjikan.

Oleh sebab itu, pihaknya akan terus melakukan pembinaan kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Belitung, terutama pelaku UMKM pemula.

BACA JUGA:Berkembang Pesat, Jumlah UMKM Kabupaten Beltim Meningkat Drastis di Tahun 2022

BACA JUGA:Gedung PLUT UMKM Belitung Selesai Direvitalisasi, Siap untuk Difungsikan Kembali

"Pembinaan pasti akan terus kami lakukan dan berikan kepada pelaku UMKM di Belitung termasuk mereka yang pemula," tutup Budi Swasta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: