Rumah Terapi BCD: Tempat Belajar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Belitung

Rumah Terapi BCD: Tempat Belajar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Belitung

Pengajar di rumah terapi BCD Jalan Bambang Utoyo, Kelurahan Kampong Damai, Kecamatan Tanjungpandan, saat melakukan pelatihan terhadap anak-ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Belitung Child Development (BCD) menjadi salah satu rumah terapi anak berkebutuhan khusus yang didirikan Yayasan Nawasena Bestari Nusantara.

Rumah terapi BCD adalah tempat belajar bagi anak berkebutuhan khusus, seperti down syndrom, retardasi mental, telat berbicara, gangguan dengar, autis dan lain-lain.

Tempat pendidikan khusus anak tersebut beralamat di kawasan Jalan Bambang Utoyo, Kelurahan Kampong Damai, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. 

Penanggung jawab BCD Fefi Nuryanti mengatakan, ia membuka rumah terapi khusus anak karena adanya rekomendasi dari dokter di kawasan Bandung, Jawa Barat. 

BACA JUGA:Besaran Santunan Anggota KPPS Pemilu 2024 di Belitung yang Meninggal Dunia

BACA JUGA:RSUD Belitung Telah Siapkan Ruang Perawatan Caleg Depresi Pasca Pemilu 2024

Pada saat itu, ada salah satu pasien dari Belitung melakukan terapi di Bandung. Kemudian oleh dokter yang ada di Bandung direkomendasikan dirinya.

"Dokter merekomendasikan ke saya, karena memang dulunya bekerja di rumah sakit tersebut," kata Fefi didampingi Ketua Yayasan Hermanto, Kamis 22 Februari 2024.

Setelah Fefi berhasil menangani pasien itu, banyak orang tua yang anaknya memiliki kebutuhan khusus datang ke dia. Pada tahun 2022 akhirnya Hermanto membuka yayasan tersebut. 

Di rumah terapi BCD, ada dua kategori pendidikan. Yakni kelas Vokasional dan Individual. Untuk kelas vokasional antara lain, bantu diri, baca tulis hitung, seni dan olahraga, keterampilan fungsional, komonikasi dan wirausaha.

BACA JUGA:Mau Beli Mobil Bekas Harga 30 Jutaan? Ini Pilihan Sedan Murah dan Irit BBM

BACA JUGA:MG7: Mobil Sedan Mewah Harga Murah Pesaing Berat Civic Turbo, Tangguh dan Tampilan Sporty

Sedangkan kelas individual yakni terapi perilaku diri dan terapi wicara. Seperti kenakalan terhadap anak, kemandirian diri. 

"Saat ini di rumah BCD sudah ada belasan anak yang kita latih untuk belajar. Rata-rata usia 2 tahun hingga 8 tahun," jelas wanita berjilbab ini 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: