Ampuh Turunkan Kadar Kreatinin, Ini 6 Sayuran yang Aman untuk Penderita Sakit Ginjal

Sabtu 02-03-2024,12:20 WIB
Reporter : Yudiansyah
Editor : Yudiansyah

3. Paprika merah

Paprika merah adalah sayuran yang rendah kalium, tetapi tinggi vitamin C, B6, A, serat, dan asam folat. Paprika merah juga mengandung lycopene, yang merupakan antioksidan yang bisa melindungi ginjal dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Lobak

Lobak adalah sayuran akar yang rendah kalium dan fosfor. Lobak mengandung natrium 23 mg, kalium 135 mg, dan fosfor 12 mg per 100 gram. Lobak juga memiliki rasa yang segar dan pedas, yang bisa menambah selera makan.

5. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran yang rendah kalium, tetapi kaya akan vitamin C, serat, folat, dan senyawa fitokimia. Senyawa fitokimia adalah zat alami yang bisa menetralisir zat beracun dalam ginjal, dan mencegah peradangan atau infeksi.

BACA JUGA:Menjalankan Puasa dengan Sehat dan Nyaman, Simak Tips Berikut

BACA JUGA:Menjaga Kesehatan di Usia 50 Tahun ke Atas, Pilih Olahraga yang Aman

6. Kubis

Kubis adalah sayuran yang rendah kalium, tetapi mengandung antioksidan yang kuat. Kubis bisa membantu mencegah gagal ginjal, dengan melawan stres oksidatif yang bisa merusak sel-sel ginjal. Kubis juga mengandung mineral dan vitamin yang sehat untuk tubuh.

Demikian 6 sayuran yang aman untuk penderita sakit ginjal, dan bisa membantu menurunkan kadar kreatinin dalam darah.

Selain mengonsumsi sayuran, penderita sakit ginjal juga harus minum air yang cukup, menghindari alkohol dan rokok, dan berkonsultasi dengan dokter secara rutin. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :

Terpopuler