Ampuh Turunkan Kadar Kreatinin, Ini 6 Sayuran yang Aman untuk Penderita Sakit Ginjal

Ampuh Turunkan Kadar Kreatinin, Ini 6 Sayuran yang Aman untuk Penderita Sakit Ginjal

Kembang kol adalah satu jenis sayuran yang aman untuk penderita sakit ginjal dan ampuh menurunkan kadar kreatinin dalam darah--freepik

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Enam jenis sayuran ini dipercaya aman untuk dikonsumsi para penderita Sakit ginjal, bahkan ampuh turunkan kadar Kreatinin.

Kadar kreatinin yang tinggi dalam darah bisa menandakan adanya masalah pada ginjal. Kreatinin adalah zat limbah yang seharusnya dikeluarkan oleh ginjal melalui urine.

Jika kadar kreatinin melebihi 0,5 mg/dL sampai 1,2 mg/dL, maka ginjal bisa mengalami kerusakan atau gagal fungsi. Salah satu cara untuk mencegah atau mengatasi kondisi ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat, terutama sayuran.

Sayuran memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, karena kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Namun, tidak semua sayuran cocok untuk penderita sakit ginjal.

BACA JUGA:Resep Minuman Timun Lemon Madu Penghilang Bau Badan, Ini Cara Membuatnya

BACA JUGA:Jenis Sayuran yang Bahaya bagi Kesehatan Jika Digoreng, Emak-Emak Wajib Tahu

Ada beberapa sayuran yang harus dihindari karena mengandung kalium atau fosfor yang tinggi, yang bisa membebani kerja ginjal.

Berikut 6 sayuran yang aman untuk penderita sakit ginjal, karena rendah kalium dan fosfor, serta memiliki kandungan yang baik untuk menurunkan kadar kreatinin dalam darah.

1. Arugula

Sayuran hijau ini padat nutrisi, dan rendah kalium. Arugula juga mengandung vitamin K, yang bisa membantu mencegah peningkatan kreatinin dalam darah.

2. Bawang putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang juga bermanfaat untuk kesehatan ginjal. Jenis sayuran umbi lapis ini mengandung quercetin, yang bisa membantu fungsi penyaringan ginjal.

BACA JUGA:Murah Meriah, Sayur Kecipir Kaya Manfaat dan Bernutrisi Tinggi

BACA JUGA:Waspada Efek Samping Minyak Zaitun: Tips Aman untuk Penggunaan Kulit Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber