Kolaborasi Shopee & Vidio Hadirkan Cara Belanja Baru lewat Vidio Shopping

Senin 04-08-2025,07:00 WIB
Reporter : Yudiansyah
Editor : Yudiansyah

JAKARTA, BELITONGEKSPRES.CO.ID – Vidio, platform over-the-top (OTT) terdepan di Indonesia, resmi meluncurkan fitur inovatif bernama Vidio Shopping, hasil kolaborasi strategis bersama Shopee.

Fitur ini menjadikan Vidio sebagai platform OTT pertama di Tanah Air yang mengintegrasikan fitur belanja afiliasi e-commerce langsung ke dalam konten streaming.

Lewat kerja sama ini, pemirsa kini dapat langsung membeli produk dari Shopee sambil menonton tayangan favorit mereka di Vidio. Ini cara belanja baru yang dihadirkan dalam kolaborasi tersebut.

Inovasi tersebut diwujudkan melalui “Vidio Affiliate Shopping Ads”, yang menghadirkan pengalaman belanja yang lebih kontekstual, interaktif, dan mulus tanpa perlu meninggalkan aplikasi atau berpindah layar.

Peluncuran fitur Vidio Shopping semakin menegaskan posisi Vidio sebagai pelopor dalam tren content commerce yang kian berkembang di Indonesia.

Tren ini mengubah paradigma penyajian konten dari sekadar hiburan atau informasi menjadi saluran penjualan langsung yang terintegrasi dengan platform digital dan media sosial.

BACA JUGA:Platform E-Commerce Ini Paling Dipilih UMKM & Brand Lokal 2025, Riset Ipsos Ungkap Faktanya!

Di tahap awal, fitur tersebut sudah hadir di berbagai tayangan unggulan Vidio seperti Premier League, Asmara Gen Z, dan beberapa Vidio Original Series. Melalui konten-konten itu, penonton bisa langsung membeli produk dari Shopee tanpa perlu keluar dari layar streaming. 

Cukup dengan mengklik ikon keranjang atau banner interaktif yang muncul, pengguna akan diarahkan ke halaman produk Shopee untuk menyelesaikan pembelian secara cepat dan praktis. Lebih dari sekadar inovasi teknologi, kolaborasi Vidio dan Shopee ini juga membawa misi sosial-ekonomi. 

Keduanya berupaya memberdayakan pelaku usaha dari berbagai skala. Mulai dari UMKM hingga brand lokal, untuk menjangkau konsumen melalui pendekatan yang lebih kontekstual dan relevan dengan gaya hidup digital masyarakat saat ini.

Hingga saat ini, fitur Vidio Shopping masih dalam fase percobaan dengan 15 brand yang telah bergabung dalam ekosistem “content commerce” ini. Termasuk Wondermist, FFAR, Majika, Wardah, Emina, Kahf, Make Over, Samsung, Somethinc, Amaterasun, Hint, Nivea, Eiger, Colorbox, dan The Executives.


-Istimewa-

Fitur Vidio Shopping bakal membantu penonton berbelanja di Shopee sambil menonton konten tayangan yang mereka sukai di Vidio dengan cara yang mudah, antara lain:

1. Langkah 1: Klik tombol ‘Play’ pada konten tayangan yang ingin ditonton di Vidio.

2. Langkah 2: Penonton dapat melihat daftar lengkap dan informasi tentang setiap produk di bagian banner atau ikon keranjang yang akan muncul di konten tersebut.

Kategori :