DLH Belitung Himbau Tak Gunakan Plastik Sekali Pakai untuk Daging Kurban

DLH Belitung Himbau Tak Gunakan Plastik Sekali Pakai untuk Daging Kurban

TANJUNGPANDAN - Umat Islam akan segera merayakan hari raya Idul adha 2021 pada Selasa (20/7) mendatang. Di mana pada hari raya ini identik dengan potong hewan kurban seperti sapi ataupun kambing untuk dibagikan ke masyarakat.

Berkaitan dengan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, Edi Usdianto mengimbau agar pengemasan daging hewan kurban tidak menggunakan plastik sekali pakai.

"Untuk menghadapi Idul Adha 2021, kita masih menunggu surat edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup, terkait dengan penggunaan kemasan plastik sekali pakai itu," kata Edi Usdianto kepada Belitong Ekspres, Selasa (6/7).

Menurutnya, pada tahun lalu edaran itu ada dan untuk tahun ini mereka masih menunggu. Sedangkan untuk di tingkat kabupaten Belitung, mereka akan menyiapkan surat edaran Bupati terkait penggunaan kantong plastik untuk pengemasan daging kurban.

"Kita berharap kepada masyarakat tidak lagi menggunakan kantong plastik sekali pakai, tapi pergunakanlah barang-barang atau kemasan yang bisa didaur ulang dan lainnya," jelas pria yang akrab disapa Edu.

Edu berharap agar masyarakat dan panitia kurban bisa menggunakan produk-produk lokal untuk pengemasan itu. Misalnya seperti daun simpor, dan tali purun. "Nah itu akan kita edarkan ke masyarakar agar masyarakat bisa mengikuti itu, dan edaran itu akan kita buat dalam waktu dekat ini," sebutnya.

Kata Edu, pada tahun lalu penggunaan sampah plastik sekali pakai berkurang sekitar 20 persen dari tahun sebelumnya. Pasalnya, mereka menerapkan surat edaran semacam itu. "Beberapa komunitas dan mesjid juga sudah menggunakan daun simpor untuk kemasan itu," tandasnya. (dod)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: