Harga TBS Kelapa Sawit Alami Kenaikan, Tapi Produksi Menurun

Harga TBS Kelapa Sawit Alami Kenaikan, Tapi Produksi Menurun

TANJUNGPANDAN - Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit di Kabupaten Belitung mengalami kenaikan pada bulan Juni 2021 ini. Jika sebelumnya dijual dengan harga Rp 2.295, kini naik menjadi Rp 2.375 per Kg.

"Tapi sayangnya kenaikan harga tidak diiringi dengan produksi TBS kelapa sawit yang mengalami penurunan, dikarenakan faktor musim penghujan," ujar Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Belitung, Hamzah kepada Belitong Ekspres.

Dijelaskannya, ketika musim penghujan rata-rata jumlah produksi mengalami penurunan dari tiga sampai empat buah pada masing-masing pohon menjadi hanya dua buah saja. "Karena musim hujan panjang produksinya berkurang tetapi efek lainnya buah per bongkolnya menjadi lebih besar," katanya.

Menurut Hamzah, dengan naiknya harga TBS di tingkat pabrik maka hal itu dinilai cukup menguntungkan bagi para petani kelapa sawit. Sebab, saat ini ada sekitar 6.000 hektar lahan milik masyarakat bukan perusahaan.

"Sebenarnya lebih di atas 6.000 hektare, cuman permasalahannya adalah ketidak tahuan masyarakat tentang lahan sebagai contoh di kawasan Hutan Produksi (HP) namun menanam sawit jadi hal ini menjadi pekerjaan rumah kami," pungkasnya. (rez)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: