Pemdes Aik Pelempang Jaya Komitmen Lawan Bahaya Narkoba

Pemdes Aik Pelempang Jaya Komitmen Lawan Bahaya Narkoba

TANJUNGPANDAN - Pemerintah Desa (Pemdes) Aik Pelempang Jaya (APJ) Kecamatan Tanjungpandan, telah berkomitmen untuk melakukan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Hal itu berdasarkan beberapa kegiatan pada Kamis (8/7). Seperti Deklarasi Kampung Tangguh Anti Narkoba bekerjasama dengan Polres Belitung. Sedangkan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) bekerjasama dengan BNN Kabupaten Belitung.

"Hari ada 2 agenda, tadi deklarasi dan satunya pembinaan ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat. Karena itu, kami berkomitmen lawan bahaya Narkoba," tegas Kepala Desa Aik Pelempang Jaya, Rezali kepada Belitong Ekspres.

Kata Rezali, narasumber acara pembinaan ini ada 3 yakni dari Satpol PP Belitung, Polres Belitung dan BNN Kabupaten Belitung. "Tujuannya agar masyarakat tahu tentang aturan yang berbahaya tentang hukum seperti Hukum di Pemda, Polisi dan Narkoba," sebutnya.

Adapun peserta yang hadir itu sekitar 35 orang yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, perangkat desa, agen pemulihan narkoba desa APJ. "Output dari agenda ini paling tidak Desa APJ bebas Narkoba, dan masyarakat lebih peduli," bebernya.

Menurut Rezali, kalau masyarakat lebih peduli akan lebih mudah, tetapi kalau hanya dibebankan ke pemerintah atau polisi, program P4GN bakal sulit terlaksana. "Kalau masyarakat sudah sadar, sudah peduli dengan masyarakat lain, meskipun bukan keluarga mereka terlibat narkoba, itu lebih mudah," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sejauh ini kepedulian masyarakat APJ terhadap bahaya narkoba itu sudah cukup tinggi. Maka dari itu program semacam ini harus terus digalakkan. "Kita tiap tahun lalukan penyuluhan macam ini, untuk relawan lah," tukasnya

Rezali menambahkan, tahun ini mereka akan ada dua program lagi yakni dari BNNK Belitung tentang penyuluhan Ketahanan Keluarga Anti Narkoba dan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM)itu untuk agen pemulihan. (dod)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: