Pulau Rengit Belitung Bakal Terang Benderang, PLN Sudah Anggarkan Penambahan Suplai Listrik

Pulau Rengit Belitung Bakal Terang Benderang, PLN Sudah Anggarkan Penambahan Suplai Listrik

Komisi I DPRD Belitung bersama perwakilan BPD dan Ketua RT Pulau Rengit mengunjungi Kantor PLN Pusat Jakarta-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Tak lama lagi Pulau Rengit Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, bakal dialiri listrik dan terang benderang.

Harapan penambahan suplai listrik masyarakat di pulau  kecil ini akan diwujudkan oleh PT PLN Persero. PLN sudah menganggarkan untuk penambahan suplai listrik tersebut.

"Alhamdulillah kabar baik pada saat kunjungan kerja Komisi I DPRD Belitung bersama perwakilan BPD dan Ketua RT Pulau Rengit ke Kantor PLN Pusat di Jakarta. Menurut PLN pusat mereka telah menganggarkan itu pada tahun ini," kata Ketua Komisi I DPRD Belitung Syamsir kepada Belitong Ekspres, Senin (20/6).

BACA JUGA:Sepekan OPM 2022, Satlantas Polres Belitung Tilang 195 Pengendara

Menurut Syamsir, untuk pelaksanaan penambahan pasokan listrik Pulau Rengit rencananya dilakukan pada akhir tahun 2022 atau awal tahun 2023 nanti. Selain itu pada bulan Juni 2022 ini Tim PLN dari pusat akan datang ke Belitung. 

Dari dulu masyarakat Palau Rengit memang hanya mengandalkan aliran listrik dari PLTS bantuan dari Kementerian ESDM yang kemampuannya cukup terbatas.

Beruntung sebagian warga ada yang punya PLTS sederhana yang dipasang di atas atap rumah mereka. Itu guna menampung daya di saat panas yang dapat digunakan pada malam harinya.

"Karena itu kita dorong PLN untuk mengisi suplai listrik dengan sistem kabel udara atau menggunakan tiang dari Pelabuhan Tanjung RU ke Seberang Pulau Rengit. Sehingga aliran listriknya bisa beroperasi 24 jam penuh, sebab jaraknya tak terlampau jauh kurang lebih hanya 600 meter," terang Syamsir.

BACA JUGA:Perempuan Sukabumi Terjebak di Lokalisasi Pangkalpinang, Tertipu Loker Abal-abal

Oleh karena itu, sudah saatnya pemerintah memenuhi kebutuhan dasar masyarakat di Pulau Rengit. Pasalnya, masyarakat Pulau Rengit sudah cukup lama menantikannya.

"Selama ini, listrik di tempat mereka hanya menyala di jam-jam tertentu. Oleh sebab itu kami berharap pada momentum ini hak dasar meraka bisa terpenuhi, anak-anak dapat belajar di malam hari dan kampungnya bisa terang benderang," imbuhnya.

Politisi PPP itu meyakini, dengan hadir listrik di Pulau Rengit bakal meningkatkan perekonomi masyarakat. Makanya, Ia juga berharap secara kelembagaan, pemerintah daerah, desa dan masyarakat dapat membantu pihak PLN, seandainya nanti ada sesuatu hal yang diperlukan.

"Contoh masalah perizinan dan lain sebagainya, kita harus support sehingga ini bisa terlaksana. Nanti setelah listrik itu masuk kita dari Pemda juga dapat memasang penerangan jalan di sana karena memang aliran listriknya sudah ada," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: