Astrada Beltim Sikapi Pembentukan Satgas Tambang Ilegal, Ini Harapan Mereka

Astrada Beltim Sikapi Pembentukan Satgas Tambang Ilegal, Ini Harapan Mereka

ILUSTRASI: Astrada Beltim ikuti menyikapi Pembentukan Satgas Tambang Ilegal-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Asosiasi Tambang Rakyat Daerah (Astrada) Kabupaten Beltim ikut menyikapi pembentukan Satgas Tambang Ilegal oleh Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel) Ridwan Djamaluddin.

Seperti pada Ahad (26/6) lalu, Astrada se Babel sudah bertemu Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin untuk menyampaikan aspirasi mereka.  

BACA JUGA:Rehabilitasi Eks Tambang Timah di Belitung, Ini Harapan Pemda Belitung ke Polda Babel

Pada pertemuan yang dihadiri 5 DPC Astrada se Pulau Bangka, mereka meminta komitmen Satgas Tambang Ilegal terhadap nasib penambang rakyat di Babel kedepan.

Ketua DPC Astrada Kabupaten Beltim Subandri menyatakan, pembentukan Satgas Tambang Ilegal bertujuan untuk mengamankan aset PT Timah. 

BACA JUGA:Fakta-fakta Pembunuhan di Bangka Tengah Terungkap, Jamal Bunuh dan Rampok Ibunya Demi Ini

Dalam hal ini semua wilayah produksi PT Timah dengan harapan semua nilai kandungan mineral tersebut bisa menjadi pendapatan negara. 

Menurut pria yang akrab disapa Jeli itu, pembentukan Satgas Tambang Ilegal itu tidak masalah asalkan dapat bekerjasama dengan Astrada selaku wadah berkumpulnya penambang.

BACA JUGA:Kalah Judi, Warga Bangka Tengah Bunuh Ibu Kandung, Korban Dicabuli

"Ppembentukan Satgas ini diharapkan bisa bekerja sama dengan asosiasi tambang. Sehingga bisa langsung bersentuhan dengan masyarakat sehingga bisa mendapat efek bagi kesejahteraan masyarakat," ujar Jeli, Senin (27/6).

Lebih lanjut, Satgas seharusnya bisa merangkul asosiasi untuk bisa mengajak masyarakat bekerja sama menggarap IUP PT Timah. Kemudian bisa menjadikan rasa aman untuk berkegiatan tambang.

BACA JUGA:Yuk! Hadiri Belitung Expo 2022, akan Dibuka Menparekraf, Cek Jadwalnya

"Kami Astrada Kabupaten Beltim berharap para stekholder bisa bekerja sama untuk kepentingan masyarakat sesuai dengan tujuan utama pembentukan satgas," harap Jeli.

Ia menambahkan, perlunya kejelasan dalam operasional penambangan pada IUP PT Timah, yakni ada kesepahaman peran antara PT Timah dengan Astrada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: