SMAN 1 Manggar Gelar IHT, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Penting untuk Kurikulum Merdeka

SMAN 1 Manggar Gelar IHT, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Penting untuk Kurikulum Merdeka

SMAN 1 gelar In House Training (IHT) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) selama dua hari-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Pengembangan proses pembelajaran selalu dilakukan oleh SMAN 1 Manggar, sekolah dengan tagline “Totality is The Key to Quality” tersebut.

Kali ini SMAN 1 Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim) gelar In House Training (IHT) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) selama dua hari, Selasa dan Rabu (13-14/9). 

SMAN 1 Manggar menggelar IHT guna memperkuat pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun dan mengembangkan P5 tersebut.

Hal itu sangat penting, mengingat P5 adalah salah satu bagian penting dalam kurikulum merdeka yang diterapkan di SMAN 1 Manggar. 

BACA JUGA:MD KAHMI se-Pulau Belitung Resmi Dilantik, Ahmad Husaini: Semoga jadi Organisasi Mandiri

Tidak tanggung-tanggung penyelenggaraan IHT oleh SMAN 1 Manggar menghadirkan langsung pakar di bidangnya, Arif Edyanto.

Dia adalah seorang kepala sekolah prestasi nasional, instruktur Kemendikbudristek, dan salah satu penyusun serta perancang P5. 

Materi yang disampaikan oleh Arif Edyanto juga tidak main-main. Setidaknya terdapat satu materi umum dan tujuh materi utama. 

Sebut saja kebijakan implementasi kurikulum merdeka sebagai materi umum serta ke tujuh materi utama tersebut.

BACA JUGA:Pertemuan Khusus Yusril dan Panglima TNI, Bahas Solusi Permasalahan Hukum Tanah di Berbagai Daerah

Terdiri dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, simulasi pembuatan modul, pembuatan bahan ajar, asesmen dan laporan hasil asesmen, perancangan pembelajaran  berbasis proyek mata pelajaran/antar mata pelajaran.

Kemudian ada asesmen pembelajaran berbasis proyek mata pelajaran/antar mata pelajaran, dan penyusunan modul ajar pembelajaran berbasis projek.

Setelah seluruh materi umum dan materi utama disampaikan, dilakukan pula evaluasi  dan tindak lanjut dari materi yang dilakukan. 

Untuk diketahui, P5 adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari penerapan kurikulum merdeka. Projek ini dilakukan dengan beberapa tahapan.

Sumber: sman 1 manggar