KPK OTT, Bongkar Kasus Suap Hakim Agung MA, Sudah 10 Tersangka

KPK OTT, Bongkar Kasus Suap Hakim Agung MA, Sudah 10 Tersangka

Hakim Agung Mahkamah Agung Sudrajad Dimyati (dua kanan) mengenakan rompi tahanan usai diperiksa di Gedung Merah Putih, KPK, Jakarta, Jumat (23/9/2022).-(ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww)-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil membongkar dugaan kasus suap yang melibatkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati (SD).

Pengungkapan kasus berawal dari operasi tangkap tangan (OTT) Hakim Agung Sudrajad Dimyati oleh KPK. Sudrajad Dimyati terlibat kasus suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung.

Hakim Agung Sudrajad Dimyati kini sudah resmi ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan KPK mulai Jumat, 23 September 2022.

Sudrajad Dimyati ditahan untuk 20 hari kedepan sampai dengan tanggal 12 Oktober 2022 di rutan tahanan (Rutan) KPK Kavling C1.

BACA JUGA:Loka POM Belitung Ikut Andil Edukasi Pencegahan Stunting, Hadir Melayani Masyarakat Dendang

BACA JUGA:BLT Tahap Pertama Disalurkan, Zainuri Minta Harus Tepat Sasaran dan Cepat Dirasakan Manfaatnya

Dalam pengungkapan dugaan kasus suap pengurusan perkara tersebut, KPK sudah menetapkan 10 orang tersangka termasuk Hakim Agung Sudrajad Dimyati.

"Saat ini, tim penyidik kembali menahan satu orang tersangka, yaitu SD," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (23/9).

Adapun 10 orang tersangka selaku penerima suap adalah Hakim Agung Sudrajad Dimyati (SD), Hakim Yustisial/Panitera Pengganti MA Elly Tri Pangestu (ETP), dua PNS Kepaniteraan MA Desy Yustria (DY) dan Muhajir Habibie (MH), serta dua PNS MA Nurmanto Akmal (NA) dan Albasri (AB).

Sedangkan tersangka selaku pemberi suap yaitu dua pengacara Yosep Parera (YP) dan Eko Suparno (ES) serta dua pihak swasta/debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana (ID) Heryanto Tanaka (HT) dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto (IDKS).

BACA JUGA:PT Pelindo Regional 2 Tanjungpandan Tanam Pohon Produktif, Gandeng Hkm Batu Bedil

BACA JUGA:Wujudkan Kota Tanggap Ancaman Narkoba, BNNK Belitung Gelar Workshop

Dari 10 tersangka, sudah 8 orang yang ditahan KPK. SD ditahan di Rutan KPK Kavling C1. ETP dan DY di Rutan KPK, Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. MH, YP, dan ES di Rutan Polres Metro Jakarta Pusat. Tersangka AB dan NA di Rutan Polres Metro Jakarta Timur.

Alexander Marwata mengungkapkan, KPK segera menjadwalkan pemanggilan terhadap tersangka IDKS dan HT untuk hadir ke Gedung Merah Putih KPK dan menghadap tim penyidik.

Sumber: antaranews.com