Pemkab Belitung Peringati WCD 2022, Aksi Bersih-bersih di Sepanjang Jalan

Pemkab Belitung Peringati WCD 2022, Aksi Bersih-bersih di Sepanjang Jalan

Peserta WCD 2022 melaksanakan aksi bersih-bersih di beberapa titik kawasan jalan Tanjungpandan, Belitung, Senin (26/9)--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung memperingati World Cleanup Day (WCD) Tahun 2022 atau Hari Bersih-Bersih Sedunia. 

Peringatan WCD dilakukan dengan cara melakukan kegiatan aksi bersih-bersih di  sepanjang jalan kawasan Tanjungpandan, Senin (26/9) kemarin.

Aksi bersih-bersih dibagi 3 kelompok. Yakni dari simpang Air Merbau, lampu merah simpang AW, dan lampu merah Aik Raya. Titik kumpul dan akhir kegiatan di kawasan Restoran Nelayan Seafood Tanjungpandan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Belitung, Yasa mengatakan, tema nasional WCD tahun 2022 ini, 'Kami 13 Juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah'. 

BACA JUGA:Perda untuk Kesejahteraan Masyarakat, Hellyana Minta Perusahaan Sawit Taat Aturan

Tujuan aksi bersih-bersih yang digelar Pemkab Belitung untuk menggerakkan masyarakat atau komunitas dalam pembersihan dunia. 

"Juga untuk menggerakkan masyarakat ataupun komunitas terutama anak-anak sekolah dalam pembersihan dunia. Bukan hanya Belitung atau Indonesia, tapi seluruh dunia," kata Yasa kepada Belitong Ekspres.

Menurut Yasa, pelaksanaan WDC ini juga melibatkan perwakilan dari anak sekolah di kabupaten Belitung, komunitas peduli lingkungan, sekolah adiwiyata, dan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.

 "Jadi timbul kesadaran, kegiatan ini setiap tahun kita laksanakan walau tidak masuk dalam anggaran, tapi kita usahakan," bebernya.

BACA JUGA:Sekda Belitung: Bandara H.AS Hanandjoeddin Masih Berstatus Internasional, Belum Ada Surat...

Selain itu, Yasa menjelaskan bahwa sampah yang dikumpulkan akan dipilah antara sampah organik dan sampah non organik. 

"Nanti sampahnya dipilah, lalu ditimbang. Sudah itu Lalu kita tukar dengan bibit atau pupuk kompos ini," tukas Yasa. 

Untuk itu, Yasa juga berharap kebersihan bukan hanya tanggung jawab dari DLH tapi juga memberikan tanggung jawab dari seluruh warga masyarakat. 

"Karena kebersihan ini merupakan tanggung jawab kita bersama bukan hanya tanggung jawab dari DLH itu saja," tutup Yasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: